https://limadetik.com/

Dampak Corona Terhadap Perkuliahan Online

  • Bagikan
IMG 20200506 135851

Limadetik.com – Oleh : Yanto

OPINI – Maraknya penyebaran virus corona covid-19 telah menyebabkan terjadinya perubahan sosial di masyarakat yang salah satunya didukung dengan teknologi komunikasi. Masyarakat dituntut bisa dan terbiasa. Perubahan terjadi pada cara berkomunikasi, cara berpikir, dan cara berperilaku manusia.

https://limadetik.com/

Dampak ini juga dirasakan oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran terlebih pada masa mahasiswa IAIN Madura, yang mulanya pembelajaran malalui tatap muka, saat ini beralih ke home learning (kuliah oneline) akibat aturan pemerintah yang memberlakukan peraturan physical distancing dan tinggal di rumah.

Beragam tanggapan muncul dari para mahasiswa terkait perkuliahan sistem online. Abdul Rauf, mahasiswa semester 6, mengatakan dirinya merasa biasa-biasa saja dengan perkuliahan online. Namun, dia tidak tahu bagaimana dengan mahasiswa lainnya. Karena kita tidak tahu apa yang dilakukan oleh mahasiswa di luar sana.

Bisa saja mereka mengikuti kuliah online sambil kumpul bareng sama teman-temannya,” kata Rauf. Karena itu, dia mengatakan tidak bisa menjamin seratus persen adanya kuliah daring ini dapat mengurangi penyebaran virus Corona. “Tetapi jika untuk antisipasi di lingkungan kampus itu sangat memungkinkan,” ujarnya.

Meski mayoritas mahasiswa menyetujui diberlakukannya sistem perkuliahan online, ada beberapa mahasiswa yang mengeluhkan sistem tersebut. Ketidak tersediaan kuota internet atau sulitnya jaringan internet, karena mereka harus mengakses internet dari rumah, menjadi salah satu kendalanya.

“Kalau soal kendala ya tidak punya paketan, tidak ada sinyal ataupun jaringan” kata Anwar, mahasiswa semester 6. Namun, yang lebih harus menjadi evaluasi adalah peluang kejahatan intelektual mahasiswa.

Ketika dosen memberikan sebuah pertanyaan, kemudian mahasiswa hanya copy paste dari internet dan memasukkan jawaban ke dalam grup chat tersebut maka (terjadi) kejahatan intelektual dan akademisi akan semakin buruk di sana.

Maka seorang guru atau dosen harus mengantisipasi masalah yang terjadi di dunia pendidikan saat ini. Supaya tidak terjadi dampak buruk pada mahasiswa lebih-lebih kepada siswa. Dalam keadaan seperti ini, adanya wabah covid- 19  menuntut guru atau dosen supaya lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar ataupun kuliah online Agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal.

Penulis Adalah Mahasiswa IAIN Madura, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Madura. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan