https://limadetik.com/

Dampak Positif dan Negatif Covid-19 Bagi Masyarakat

  • Bagikan
IMG 20181213 130614 HDR
foto penulis, Latif Abdurrahman

Limadetik.com — Oleh : Latif Abdurrahman
(Mahasiswa pendidikan bahasa Arab di IAIN Madura)

OPINI – Dampak positif dan negatif covid-19 bagi masyarakat
Hari hari ini dunia di hebohkan dengan beredarnya virus Corona yang sangat berbahaya tidak sedikit pula mereka yang terkena virus Corona ada yang meninggal ada pula yang sembuh dari penyakit yang mematikan itu, adapun beberapa dampak positif dan dampak negatif dari covid-19 akan saya paparkan sebagai berikut ini :

https://limadetik.com/

A. Dampak positif covid-19

Setiap sesuatu pasti akan ada sesi positif dan negatif nya adapun sesi positif dari virus Corona ini yaitu :
Masyarakat di ajak untuk merubah pola hidup nya ke lebih menjaga kebersihan, dan tidak memakan makanan yang sembarangan, karena virus covid-19 berawal dari ketidak menjaga kebersihan dan makanan yang tidak baik.

Dengan menjaga kebersihan dan makanan di Jaga maka kita tidak juga memungkinan akan terhindar dari covid-19 akan tetapi dari virus-virus lainnya . Selain itu dampak positif covid-19 bagi masyarakat yaitu mereka lebih di ajak untuk lebih mementingkan kumpul dengan keluarga dari pada pekerjaan lain karena dengan diam nya kita di rumah yaitu menjaga dari rantai penyebaran covid-19.

B. Dampak negatif covid-19

Dampak negatif dari covid-19 bagi masyarakat lebih banyak dampak nya bagi masyarakat terutama lokasi yang sudah banyak terkena virus Corona tersebut seperti di negara China, dan Italia dan negara lain nya yang sudah banyak memakan korban meninggal dunia. Dan masyarakat pun tidak di perkenankan untuk keluar rumah maupun beraktivitas seperti biasa nya.

Bagi masyarakat Indonesia sendiri khususnya di Madura sekarang musim nya acara, seperti acara pernikahan, acara imtihan, acara pengajian dan Isra’ Mi’raj di larang oleh pemerintah sehingga mereka tidak di perkenankan untuk mengadakan nya, dan apabila mereka tetap memaksa maka mereka akan di kenakan sangsi dan di penjara.

Bukan cuma itu saja di bagian lokasi yang rawan masyarakat tidak di perbolehkan untuk sholat berjamaah di masjid dan musholla, sehingga sholat Jum’at pun di ganti dengan sholat Dzuhur. Dan sekolah sekolah dan pondok di liburkan sehingga mereka pun belajar di rumah dan tugas nya juga dari
rumah.

Bagi para mahasiswa pun juga sama mereka di berikan tugas nya di rumah dan tidak sedikit dari mereka yang mengeluh karena banyaknya tugas yang diberikan kepada mereka.

Itulah dampak positif dan negatid virus covid-19 bagi masyarakat semoga cepat selesai dan di jauhkan dari covid-19 semoga yang terkena Musibah di berikan kesabaran dan ketabahan dan di berikan balasan yang baik, dan bagi yang tidak terkena semoga tetap di di jaga dan di jauhkan dari covid-19 dan jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan dan makanan yang baik. [*]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan