https://limadetik.com/

Demi Patuhi Protokol Kesehatan, Pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 di Sumenep Terapkan Sistem TPS

  • Bagikan
Demi Patuhi Protokol Kesehatan, Pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 di Sumenep Terapkan Sistem TPS
FOTO: Kepala DPMD Sumenep Moh.Ramli

SUMENEP, LimaDetik.Com – Dalam rangka mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi covid-19, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumenep, Madura, Jatim terapkan sistem TPS dalam Pilkades serentak 2021.

Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli mengatakan, sesuai dengan situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan Pilkades serentak tetap mematuhi prokes.

https://limadetik.com/

“Pilkades pada masa pandemi covid-19 perlu ditindak lanjuti dengan perubahan peraturan tehnisnya atau jelasnya masih proses perubahan peraturan Bupati yang amanat terpentingnya adalah pelaksanaan pilkades secara tehnis wajib mematuhi ketentuan protokol kesehatan,” kata Ramli saat ditemui Limadetik.com di kantornya.

Sehingga menurut Rami perlu penyesuaian anggaran lewat perubahan, penyesuaian anggaran perubahannya pastinya adalah perubahan penambahan anggaran.

“Disisi penyelenggaraan ada tambahan personil di desa yakni kita kenal dengan namanya KPPS di tingkat dusun, maka disitulah wajib dianggarkan untuk honor anggota KPPS, 7 orang KPPS per TPS itu akan ditanggung APBD Kabupaten,” paparnya.

Kemudian kaitannya dengan kebutuhan peralatan, sarana prasarana protokol kesehatannya nanti akan dibebankan kepada APBD Desa hususnya dari Dana Desa.

“Itu sudah bisa dari edaran surat kementrian desa maupun dr kementrian dalam negeri bahwa untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pilkades dana desa sudah bisa digunakan untuk penanganan pandemi covid di pelaksanaan pilkades,” jelasnya.

“Dan berapa besar penambahannya di APBD dan berapa besar kebutuhan di masing-masing desa itu pastinya disesuaikan dengan data reil dimasing-masing desa,” tambahnya.

(Bahri/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan