Dinas Pendidikan Sumenep Gelar Lomba OSN MIPA Tingkat SD

SUMENEP, limadetik.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Jawa Timur terus melakukan upaya meningkatkan kemampuan siswa. Salah satunya dengan menggelar berbagai macam lomba, seperti lomba Olimpiade Saint Nasional (OSN) yang digelar pada, Kamis (14/3/2019).

“Bidang yang dilombakan adalah Matematika dan IPA,” kata Kepala Bidang Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Sumenep, Fajarisman.

Terlebih dahalu, sambung pria yang karib disapa Fajar, Disdik menggelar lomba di tingkat kecamatan yang ada di kabupaten paling timur Madura pada awal Maret 2019. Dari itu, perwakilan kecamatan dilombakan lagi di tingkat kabupaten yang digelar mulai harin ini (14-15//3/2019).

“Sesuai petunjuk Kementerian (pendidikan), tiga (juara) dari masing-masing IPA dan Matematika dilakukan seleksi lagi di tingkat kabupaten. Hanya saja kecamatan dari kepulauan hanya ngirim dua-dua peserta, artinya IPA dua peserta dan Matematika dua peserta. Karena alasa cuara yang kurang bersahabat,” terangnya.

Kemudian, hasil dari seleksi ditingkat kabupaten, Disdik akan diumumkan 15 peserta terbaik sekligus juara 1, 2 dan juara 3. Mereka para terbaik akan dilakukan pembinaan untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi. Berdasarkan informasi yang diterima Disdik, seleksi di tingkat provinsi akan digelar pada (28/3/019) di masing-masing provinsi.

“Untuk memberikan pembinaan, kami telah mengganding tenaga ahli. Karena ini adalah olimpiade yang tentu materinya lebih berat dari pada kompetesi yang lain. Dan harapan kita, tentu Sumenep mampu juara di tingkat Nasional, seperti pada 2018 lalu,” tukasnya.(hoki/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here