https://limadetik.com/

Disdik Sumenep Luncurkan Kartu Cerdas, Apa Saja Fungsinya?

  • Bagikan
IMG 20190717 WA0055
Bambang Iriyanto

SUMENEP, limadetik.com — Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terus melakukan terobosan untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten dengan lambang Kuda Terbang ini.

Terbaru, Diknas dibawah kepemimpinan Bambang Iriyanto meluncurkan program kartu cerdas. Nanti setiap siswa akan diberi kartu yang memiliki sedikitnya dua fungsi. Apa saja fungsinya?

https://limadetik.com/

Menurut Bambang Iriyanto, kartu tersebut akan berfungsi sebagai absensi siswa dan buku tabungan. “Nanti setiap masuk sekolah siswa harus menggesekkan kartu tersebut sebagai absensi, kemudian ada pemberitahuan kepada orang tua atau wali murid, jika anaknya telah masuk ke sekolah,” terangnya, Selasa (17/9/2019).

Kemudian, sambung Bambang, setelah pulang kartu tersebut harus kembali digesekkan, dan nantinya ada pesan ke nomor Hand Phone orang tua atau wali murid, jika anaknya sudah pulang dari sekolah.

Selain berfungsi sebagai absensi, kartu cerdas ini juga mengajarkan kepada para siswa untuk menabung. Dalam hal ini, Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Bank Jatim untuk kartu cerdas tersebut.

“Jadi selain berfungsi absensi, kartu ini juga berfungsi untuk menabung. Jadi uang tabungan siswa akan lebih aman di bank, dan tidak ada kasus lagi tabungan siswa raib karena ulah oknum guru di Sekolah,” tandasnya.

Adapun tujuan utama dari kartu cerdas ini untuk mengajarkan siswa supaya disiplin dalam mengikuti pelajaran. Sehingga, tidak ada lagi siswa bolos, karena sudah terpantau langsung oleh sekolah dan orang tua atau wali murid.

“Harapan kami dengan adanya program ini mampu meningkatkan efektifitas pendidikan di Sumenep,” imbuh Bambang. (hoki/yt)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan