BONDOWOSO, limadetik.com — Global Alliance Improved For Nutrition (GAIN) dari Swiss mendampingi Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dalam penanganan kasus Stunting.

Pendampingan tersebut dilakukan dengan melalukan program Emo Demo di 13 Kecamatan yang dinilai memiliki kasus Stunting yang tinggi, yakni Kecamatan Bondowoso, Tegalampel, Binakal, Grujugan, Maesan, Tamanan, Pujer, Sukosari, Ijen, Tapen, Klabang, Prajekan dan Sumber Wringin.

Menurut Perwakilan GAIN Jawa Timur, Andiani Diah Prihamsari usai melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati H. Irwan Bachtiar Rahmat di Pendopo Bupati Bondowoso, Kamis (9/5/2019) dirinya menjelaskan bahwa GAIN tidak turut mentargetkan penurunan stunting secara langsung. Melainkan, perubahan perilaku pemberian makanan bayi dan anak yang indikatornya adalah keberagaman makanan.

“Itu target indikator kita yang mana kalau dirujuk menurut referensi memperuncing ke angka stunting. Tapi untuk GAIN sendiri kita tidak mengukur ke angka stuntingnya” terangnya pada awak media.

Sedangkan menurut Country Director GAIN untuk Indonesia Rafi Menon, bahwa dalam membantu merubah perilaku hidup masyarakat pihaknya menggelontorkan sekitar Rp 3 Milliar untuk kerjasama selama tiga tahun ke depan dengan Bondowoso.

“Itu bantuan yang kami lakukan di semua kabupaten adalah bantuan untuk training. Dan juga alat-alat yang perlu untuk modul” jelas lelaki berkebangsaan asing tersebut.

Adapun dipilihnya Bondowoso dan kecamatan-kecamatan yang menjadi sasaran GAIN, kata Rafi Menon, semuanya ditentukan oleh Kemenkes, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dan Dinkes Bondowoso.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat menuturkan, pihaknya akan membuat suatu regulasi bahwa proses Emo Demo ini harus dilakukan secara masif di Kabupaten Bondowoso dengan melibatkan semua stakeholder yang ada di wilayah tersebut.

“Setelah dibantu GAIN tentunnya ada target. Dengan adanya GAIN kita akan membantu dari kebijakan intervensi APBD kita. Bagaimana angka Stunting di Bondowoso itu harus turun. Termasuk masalah sanitasi ODF. Targetnya pokoknya harus di bawah dua digit” pungkasnya.

Untuk informasi, sebelumnya diberitakan bahwa pendampingan yang diberikan omeh GAIN yakni memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan anak. Pendampingan sendiri disampaikan dengan cara Emo Demo (Emotional Demonstration ), yakni sebuah panduan kegiatan yang sangat partisipasif dengan tujuan untuk menyampaikan pesan sederhana dengan cara menyenangkan dan menyentuh emosi menggunakan alat peraga. (budhi/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here