Gara-Gara Film ‘Papua Merdeka’, Sejumlah Mahasiswa dan Warga Bentrok di Malang

Red: Rudy

MALANG, Limadetik.com – Sejumlah mahasiwa terlibat bentrokan dengan sekelompok warga di sekitar Gang 8, Jalan MT Haryono, Kota Malang, Jawa Timur. Peristiwa itu dipicu dari aksi pemutaran film ‘Papua Merdeka’ di secretariat mahasiswa tersebut.

Informasi dihimpun media ini menyebutkan bahwa mulanya para mahasiswa asal Papua yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Kota Malang, Minggu (1/7/2018) malam, menonton film ‘Papua Merdeka’ di sekretariatnya.

Sejumlah warga kemudian datang membubarkan acara tersebut sehingga terjadi cek-cok dan saling pukul.

“Mereka tadi memutar film Papua Merdeka kemudian kita bubarkan karena disinyalir melakukan gerakan separatis di Kota Malang,” ujar salah seorang warga.

Bentrokan meluas hingga terjadi aksi saling kejar dan lempar-melempar batu. Akibatnya kaca belasan rumah di Gang 8 dan 10 pecah akibat terkena lemparan batu. Warga juga menggelar aksi sweeping di Jalan MT Haryono.

Akibat bentrokan tersebut Jalan MT Haryono hingga jembatan Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Lowokwaru macet parah.

Polres Malang Kota sudah menerjunkan satu kompi personel dan Brimob untuk mengendalikan bentrokan antarmahasiswa dan warga tersebut.

Hingga menjelang tengah malam suasana di kawasan Jalan MT Haryono Malang tepatnya di sekitar depan kawasan Universitas Islam Malang (Unisma) masih mencekam. Ratusan polisi bersenjata lengkap masih berjaga – jaga memgamankan bentrokan susulan.

Sementara puluhan mahasiswa asal Papua sudah dievakuasi oleh polisi ke Polsek Lowokwaru Malang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here