SUKABUMI, Limadetik.com — Ratusan warga Kota Sukabumi, Jawa Barat melaksanakan Shalat Idul Adha satu hari lebih awal dibandingkan penetapan pemerintah. Mereka menjalankan ibadah Shalat Idul Adha, pada Selasa (21/8), di lantai tiga sebuah pusat perbelanjaan di Jalan RE Martadinata, Kota Sukabumi.

Para jamaah shalat tersebut mulai berdatangan ke tempat tersebut sejak pukul 06.00 WIB. Sementara pelaksanaan Shalat Idul Adha mulai dilakukan sekitar pukul 06.40 WIB yang dilanjutkan dengan khutbah.

“Yang mengadakan shalat Idul Adha adalah DKM Masjid Daarut Takwa di Toserba Selamat,” ujar Ketua DKM Masjid Daarut Takwa Yan Maulana Hidayat, di lingkungan Toserba Selamat kepada wartawan sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha. Pelaksanaan shalat ini tidak mewakili kelompok manapun.

Menurut Yan, kebijaksanaan manajemen pasar swalayan ini ingin memfasilitasi dua kelompok yang ingin melaksanakan Shalat Idul Adha. Di mana pada Selasa ini juga banyak umat Islam yang hadir. Diperkirakan sekitar 600 orang jamaah yang hadir.

Rencananya, ungkap Yan, pada Rabu (22/8), juga akan dilaksanakan Shalat Idul Adha bagi warga yang melaksanakan pada hari tersebut. “Bukan kami dua kali melaksanakan shalat hanya menyediakan tempat untuk Selasa silakan dan Rabu silakan,” imbuh dia.

Yan menerangkan, ada yang mengambil pilihan pada hari selasa karena keyakinan bahwa puasa Arafah Ssenin maka Shalat Idul Adhanya pada Selasa. Terlebih di Arab Saudi wukufnya jatuh pada hari Senin dan pelemparan jumroh pada Selasa.

Intinya, lanjut Yan, pihaknya juga menghormati pilihan yang Selasa dan Rabu. Misalnya pemerintah bersama yang lainnya seperti Muhammadiyah sudah mengumumkan Idul Adha pada Rabu. Persoalannya pada pilihan kaidah fikih yakni riyatul fikih atau riyatul global. Di mana DKM masjid yang dipimpinya memilih riyatul global yang berpuasa pada Senin dan pada Selasa shalat Idul Adha.

“Bukan berarti kami ingin beda dengan yang lain akan tetapi ini pilihan,’’ ungkap Yan.

Informasi yang diperolehnya selain di Toserba Selamat pelaksanaan Shalat Idul Adha pada Selasa juga dilakukan di dua tempat lainnya di Kota Sukabumi. Hal serupa juga dilakukan di Kabupaten Sukabumi. (rb/ld)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here