Ingin Selamatkan Adik dari Tawuran, Tangan Zaelani Disabet Celurit Hingga Putus

Zaelani jalani perawatan di RS Fatmawati. Foto: Okezone

TANGERANG SELATAN, Limadetik.com – Tangan Muhamad Zaelani Sidiq (21) putus akibat disabet celurit saat terjadi tawuran antarwarga di Jalan Cirendeu Raya, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel).

Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan menjelaskan, dari hasil penyelidikan diketahui bahwa Zaelani sebenarnya tidak terlibat tawuran. Dia datang ke lokasi hanya untuk mencari adiknya (calon adik ipar), untuk pulang dan menghindari tawuran antara Gang Monas melawan Gang Lestari Cirendeu.

“Tujuan korban datang ke sana sebenarnya untuk mengamankan adiknya, mengajak adiknya kembali agar jangan ikut-ikutan tawuran. Tetapi karena posisi waktu itu sudah berhadap-hadapan, dia langsung masuk kedalam TKP, dan dianggap pihak lawan korban akan ikut tawuran, sehingga disabet lah dengan celurit oleh tersangka,” jelas Ferdy di Mapolres Tangsel, Senin (28/5/2018).

Saat ini Zaelani menjalani perawatan di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Tim medis telah mengupayakan penyambungan organ saraf lengan Zaelani yang putus. Namun, dikatakan Ferdy, sementara ini belum diketahui, apakah pergelangan tangannya nanti akan berfungsi normal kembali atau mengalami cacat permanen.

“Kemarin sudah dilakukan operasi penyambungan tangan, sekarang masih observasi dari pihak dokter. Mudah-mudahan tangannya masih dapat berfungsi,” imbuhnya.

Ayah korban baru saja meninggal dua bulan lalu. Hal itu membuat Polres Tangsel memberikan bantuan kepada korban. “Korban ini anak yatim, pekerjaannya hanya sebagai petugas kebersihan. Jadi kami memberikan donasi untuk sedikit membantu korban dan keluarganya,” tukas Ferdy.

Adapun pelaku, yakni ADA (16) dan Asep Sugiyanto (19) sudah ditangkap. ADA merupakan remaja yang menyabet celurit ke korban, sementara Asep memukul punggung korban dengan stik golf.

Kedua pelaku dijerat Pasal Pengeroyokan dan atau Penganiayaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 80 ayat (2) Undang-Undang (UU) RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan atau Pasal 170 KUHP Subsider Pasal 351 KUHP.

(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here