https://limadetik.com/

IWPG Sebarkan Pesan Perdamaian Melalui Seni kepada Anak-Anak Indonesia

  • Bagikan
IWPG Sebarkan Pesan Perdamaian Melalui Seni kepada Anak-Anak Indonesia
FOTO: Acara 3rd International Loving-Peace Art Competition yang dilakukan secara virtual

JAKARTA, LimaDetik.Com – International Women’s Peace Group (IWPG) Indonesia telah menyelenggarakan 3rd International Loving-Peace Art Competition pada tanggal 7-11 Juni 2021 yang lalu.

Acara ini merupakan lomba menggambar yang bertujuan untuk menanamkan dan menyebarkan pesan perdamaian kepada anak-anak usia sekolah. Walaupun sedang berada di tengah pandemi yang saat ini kita hadapi, anak-anak yang mengikuti acara lomba menggambar ini tetap semangat dan antusias mengikuti lomba yang diadakan secara virtual dengan durasi sekitar 3 jam ini.

https://limadetik.com/

3rd International Loving-Peace Art Competition diadakan untuk anak-anak usia 7-17 tahun (SD, SMP, dan SMA) dengan tema gambar yang dilombakan yaitu penghentian perang global, koeksistensi umat manusia, komunikasi dan pemulihan umat manusia. Lomba ini juga bertujuan untuk menanamkan budaya perdamaian pada anak-anak dan remaja melalui seni dan budaya sehingga mereka dapat menjadi pemimpin budaya perdamaian yang menyebarkan perdamaian ke seluruh dunia di masa depan.

IWPG Sebarkan Pesan Perdamaian Melalui Seni kepada Anak-Anak Indonesia
FOTO: Antusiasme anak-anak dalam mengikuti acara

Lomba menggambar ini diselenggarakan untuk menciptakan kesadaran akan betapa menyakitkannya perang sepanjang sejarah bagi anak-anak dan remaja, sehingga sangat penting untuk dapat menanamkan benih perdamaian sejak dini untuk menghentikan perang di dunia ini dan mewujudkan perdamaian dunia.

Lebih dari 150 anak-anak dan remaja yang berusia antara 7-17 tahun dari berbagai sekolah di Indonesia berkumpul secara virtual dan memanifestasikan pandangan mereka terhadap penghentian perang global, hidup berdampingan dengan sesama, komunikasi dan pemulihan umat manusia demi perdamaian. Visi inilah yang digambarkan menjadi sebuah karya seni oleh para siswa-siswi dalam lomba menggambar.

Acara ini dibantu oleh beberapa para juri yaitu Defvi Kurniawati Wijaya, S.Pd., B.Sc, Ni Ketut Ayu Sri Wardani, Supriyanto (Sentot Season), dan Jo Soheyr, serta perwakilan dari IWPG Indonesia yaitu Ibu Dr. Ir. Sri Suwartiningsih, M.Si yang juga mengikuti Training Pelatihan Pendidikan Perdamaian yang diadakan IWPG Indonesia. Ibu Dr.

Ir. Sri Suwartiningsih, M.Si menyampaikan motivasi dan pesan perdamaian dengan tema “Gambar Terlihat Indah dan Menciptakan Rasa Damai” kepada anak-anak yang mengikuti kegiatan ini. Acara ini merupakan babak penyisihan di Indonesia, hasil karya para peserta yang lolos dari babak penyisihan ini akan mendapat kesempatan untuk dilombakan di tingkat internasional di Korea Selatan.

IWPG Sebarkan Pesan Perdamaian Melalui Seni kepada Anak-Anak Indonesia
FOTO: Beberapa hasil karya peserta 3rd International Loving-Peace Art Competition

Tentang IWPG

International Women’s Peace Group (IWPG) adalah sebuah organisasi perdamaian internasional yang memiliki status konsultatif spesial di Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (UN ECOSOC). IWPG bekerja secara internasional dengan hati seorang ibu untuk mencapai perdamaian yang melampaui kebangsaan, etnis, dan agama.

Sejak didirikan pada tahun 2013, IWPG telah melaksanakan berbagai proyek dan kampanye perdamaian untuk menyebarkan budaya perdamaian demi terwujudnya perdamaian dunia dan reunifikasi damai Semenanjung Korea. Sebagai bagian dari visi dan misi kami untuk mewujudkan perdamaian dunia, “International Loving-Peace Art Competition” merupakan salah satu kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

(ril/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan