Jelang Idul Adha, Harga Kambing di Sumenep Naik

Pedagang kambing di Pasar Manok Desa Pamolokan melakukan transaksi menjelang Idhul Adha (Foto: Nikam Hokiyanto)

SUMENEP, Limadetik.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439, harga kambing di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mulai naik. Berdasarkan pantauan limadetik.com di Pasar Burung, Desa Pamolokan, Kota Sumenep, harga kambing naik dari sebelumnya.

“Mulai pasaran hari ini, harga kambing naik antara Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu per ekor,” kata salah satu pedagang kambing, Narsono (37), Kamis (16/8/2018).

Meski namanya Pasar Manok (burung),pasar yang terletak di sebelah utara Makam Pahlawan tidak hanya transaksi burung. Tetapi belakangan banyak pedagang hewan seperti kambing dan sapi melakukan transaksi disana.

Apalagi, pasar yang buka seminggu dua kali, yakni Kamis dan Senin semakin ramai setelah Pasar Hewan di Desa Pakandangan Sangra, Kecamatan Bluto tidak lagi diminati pedagang. Mereka secara berbondong-bondong pindah ke Pasar Burung.

“Biasanya, pada pasaran terakhir (Senin) sebelum Idhul Adha harga kambing semakin mahal. Bisa saja naiknya mencapai Rp 250 per ekor,” terangnya.

Sesuai kalender, Lebaran Idul Adha tahun ini jatuh pada Rabu (22/8/2018). Sehingga sebelum itu, ummat Muslim yang hendak berkurban mulai membeli kambing.

“Tapi apabila dibandingkan dengan harga sebelumnya, harga tidak beda jauh. Harga kambing yang sudah layak untuk kurban antara Rp 900 ribu hingga Rp 3,5 juta,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here