Jelang Pilkada, Polres Situbondo Gelar Simulasi Pentahapan dan Penanganan Rusuh Massa

Saat lakukan Simulasi Jelang Pilkada 2018 Gelar Pentahapan dan Penanganan Rusuh Massa bertempat di Mapolres Situbondo (Foto: Aka)

SITUBONDO, Limadetik.com – Polres Situbondo melakukan langkah-langkah antisipasi menghadapi gangguan kamtibmas dalam rangka kesiapan pengaman Pilkada Serentak 2018 dengan menggelar gladi pentahapan Pilkada. Kamis, (25/01/2018).

Simulasi pentahapan Pilkada dipimpin langsung Kapolres Situbondo AKBP   Sigit Dany Setiyono SH., SIK., M.Sc (Eng) dan dihadiri oleh Forkopimda, Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Asyhari, Spd,  Sekda Kabupaten Situbondo Syaifullah, Kepala Dishub, Kepala Satpol PP, Ketua KPU, ketua Panwaslu, Pejabat Utama Polres dan Kapolsek Jajaran.

Kapolres Situbondo menjelaskan, “Simulasi ini untuk memastikan kesiapan seluruh personil dalam mengamankan setiap tahapan dalam Pilkada”.

Sigit menambahkan, “Dan juga antisipasi dalam menghadapi rusuh massa yang mungkin saja terjadi dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 yang akan berlangsung pada Juni 2018 nanti”.

“Simulasi pentahapan ini adalah bagian dari kesiapan apabila terjadi kontijensi seperti misalnya ada pembakaran, penjarahan dangangguang kamtibmas lainnya”, jelasnya

Sementara itu, dalam gladi sispam kota ini, Kapolres Situbondo bersama Forkopimda yang memantau melalui CCTV diruang Command Center memberikan instruksi langsung kepada personil yang sudah siaga untuk melakukan penutupan kota sampai situasi dalam kota benar-benar kondusif.

Gladi sispam kota yang dilanjutkan penanganan rusuh massa digelar di halaman Mapolres Situbondo diikuti sekitar 450 personil gabungan Polres Situbondo, Kodim 0823 Situbondo, Dishub, Satpol PP dan Linmas.

Skenario simulasi rusuh massa yaitu adanya ketidak puasan masyarakat dengan hasil Pilkada sehingg memprovokasi pendukung lainnya untuk melakukan aksi unjuk rasa yang meningkat pada tindakan pengrusakan di kantor KPU Situbondo.

Dalam simulasi ini dipraktikan tahapan dalam pengendalian massa sesuai Peraturan Kapolri Nomor 16 tahun 2006 tentang Pengedalian Massa.

“Massa dihimbau dulu melalui tim negosiator karena tidak mengindahkan, Kita lakukan tindakan tergas namun terukur untuk mengendalikan situasi”, ucap Sigit.

Simulasi pentahapan Pilkada mendapat apresiasi dari Forkopimda yang menunjukkan kesiapan Polres Situbondo dan seluruh instansi terkait dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan digelar pada Juni 2018 mendatang. (Aka/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here