Ilustrasi tenaga medis

SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur perlu menambah jumlah tenaga medis. Pasalnya, jumlah tenaga medis yang ada di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) belum ideal.

Salah satu Puskesmas yang kekurangan tenaga medis adalah Puskesmas Ganding dan Guluk-Guluk. Dua Puskesmas itu masih kekurang dokter umum. Selain itu juga terjadi di Puskesmas Giligenting dan Masalembu. Di Puskesmas yang ada di wilayah kepulauan itu masih belum ada dokter gigi yang bertugas.

Kabid Sumber Daya Kesehatan SDK, Dinas Kesehatan Sumenep, Moh. Nur Ihsan membenarkan soal tersebut. Namun pihaknya memastikan, meskipun tenaga media belum sesuai kebutuhan, pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan maksimal.

“Setiap hari tetap ada dokter yang bertugas. Ada juga yang ditangani oleh perawat dibidangnya. Sehingga, pelayanan medis tetap terlayani secara maksimal,” katanya, Jumat (14/6/2019).

Ihsan melanjutkan, kekurangan tenaga medis ini menjadi atensi pemerintah. Itu agar pelayanan kesehatan pada masyarakat kedepan lebih maksimal. Bahkan pihaknya mengaku sudah melakukan pemetakan kekurangan terhadap sejumlah Puskesmas yang membutuhkan tenaga medis.

“Kami akan mengajukan kepada bupati terkait pengisian kekurang tenaga medis. Seperti apa petunjuk terkait kekurangan ini, baru akan ditindaklanjuti,” tukasnya. (hoki/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here