PAMEKASAN, Limadetik.com — Kodim 0826 Pamekasan melaksanakan kegiatan Apel bersama dalam rangka penanaman 15.000 pohon mahoni dalam program penghijauan kanan kiri ruas jalan Nasional dan jalan Provinsi yang ditempatkan di Jl. Raya Ambat Dusun Duko Desa Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, Jumat (4/1/2019).

Kegiatan Apel bersama itu diikuti oleh 1 SST personil kodim 0826/Pamekasan, 1 Regu Polsek Tlanakan, 1 Regu Satpol PP Pamekasan, 1 Regu Linmas, 1 Regu Perhubungan laut syahbandar branta, 1 Regu Lingkungan Hidup Pamekasan, 1 Regu Menwa IAIN Pamekasan, 1 Regu Masyarakat dan 1 Regu Pramuka.

Apel bersama itu juga di hadiri oleh Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo, Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf M. Effendi, Kajari Pamekasan Tito Prasetyo, Ketua pengadilan Negeri Pamekasan H. Wadji Pramono, Forkopimka Kecamatan Tlanakan, Kepala KPH Perhutani Madura, Para Danramil Jajaran kodim 0826/Pamekasan, Tokoh masyarakat dan Kades Ambat Samhari.

Setelah melakukan apel bersama unsur Forkopimda Pamekasan bersama peserta apel dan masyarakat melakukan penanaman bibit pohon mahoni di ruas kanan kiri jalan raya Tlanakan.

Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Inf M. Effendi mengemukakan bahwa penanaman bibit pohon mahoni yang akan ditanam tersebar di Pamekasan sebanyak 15.000 pohon.

Dandim menjelaskan bahwa keberadaan pohon Mahoni disepanjang kanan kiri mempunyai fungsi untuk memperkokoh badan jalan dari gerusan air hujan dan limpasan air, pemecah hempasan angin dan peneduh di sepanjang jalan, pemberi batas secara alami dan memperindah lingkungan di Pamekasan.

“Saya berharap agar semua komponen dan elemen masyarakat agar supaya ikut merawat dan menjaga agar supaya pohon mahoni yang sudah ditanam bisa tumbuh subur, berkembang dengan baik dan cepat besar,” katanya.

“Bukan malah dicabut dan dibuang, terutama yang kebetulan ditanam di depan rumah masyarakat yang berada di pinggir jalan, pohon ini kalau sudah besar hasil dan manfaatnya akan dirasakan oleh anak cucu kita,” sambung Dandim Pamekasan, Letkol Inf M.Effendi.

Sementara, Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e juga menyampaikan bahwa kegiatan penanaman bibit pohon mahoni ini banyak manfaatnya.

“Seperti menjaga kestabilan udara, mencegah longsor dan yang lainnya,” kata Wabup muda itu.

“Kami juga atas nama Pemkab Pamekasan menghimbau kepada masyarakat agar berperan aktif ikut menjaga tanaman ini agar supaya tumbuh subur dan tidak mati,” tandas mantan Kades Bujur Barat Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan itu. (arf/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here