BONDOWOSO, Limadetik.com — Puluhan aktivis yang tergabung dalam LSM Tikus Pithi Hanoto Baris, menyampaikan petisi, menuntut adanya Capres-Cawapres independen ke Kantor KPU Kabupaten Bondowoso, Kamis (17/01/2019).

Puluhan massa tersebut, menuntut agar diadakannya Capres Independen, (bukan dari partai politik, red). Hal serupa juga dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.

Perwakilan Massa dari Dewan Pengawas Pusat Tikus Pithi Hanoto Baris, Ghozi mengatakan, bahwa maksud kedatangannya bersama kawan-kawan adalah untuk mengusung Tuntas Subagio, dalam pencalonan RI 1 lewat jalur Independen.

“Kita mencalonkan Pak Subagio dalam hal ini, meski tahapan pemilu sudah berjalan, ini hanya perintah dari atasan, disuruh laksanakan seperti ini, ya kita laksanakan, karena masalah ini diatas sudah ada yang ngurus” jelasnya pada awak media.

Sementara itu, Komisioner KPU Bondowoso Divisi Hukum, Junaedi saat menemui perwakilan massa mengatakan bahwa KPU hanya pelaksana dari undang-Undang terutama terkait kepemiluan.

“Segala bentuk aspirasi kita tampung, kan tidak mungkin itu kita usir, tidak mungkin menolak aspirasi dari masyarakat, karena semua punya hak untuk menyuarakan” jelasnya.

Junaedi juga menambahkan, terkait pencalonan Presiden, ia mengaku sudah memberikan abstraksi, Ia juga mengetahui bahwa aksi ini dilakukan di berbagai daerah lain.

Ia menyarankan kepada aktivis, agar melakukan yudisial review terhadap Undang-Undang, karena yang berhak adalah DPR RI, dan mempunyai tugas, yaitu controling pembuat Undang-Undang dan budgeting.

Ditanya soal peluang bisa dan tidaknya tentang pencalonan ini, Junaedi mengatakan bahwa kemungkinan tidak ada peluang. Menurutnya, sesuai dengan Pasal 221 dan 22,  undang-undang nomor 7 tahun 2017, bahwa Capres dan Cawapres diusung dari partai politik, dan gabungan partai politik pada Pemilu sebelumnya.

“Pemilu sebelumnya kan pada Tahun 2014, sedangkan sekarang masih belum Pemilu Legislatif. Jadi Undang-Undang ini implementasi dari pada Pemilu sebelumnya” imbuhnya.

Aksi massa aktivis LSM Tikus Pithi Hanoto Baris, di depan Kantor KPU Kabupaten Bondowoso tersebut berlangsung aman, massa langsung membubarkan diri setelah menyuarakan aspirasinya di KPU. (budhi/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here