Scroll Untuk Membaca Artikel
Kesehatan

Mahasiswa KKN Unija Madura Ajak Para Lansia Desa Lobuk Cegah Penyakit Hipertensi

×

Mahasiswa KKN Unija Madura Ajak Para Lansia Desa Lobuk Cegah Penyakit Hipertensi

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa KKN Unija Madura Ajak Para Lansia Desa Lobuk Cegah Penyakit Hipertensi
FOTO: Kades Lobuk, Moh Saleh saat mendampingi kegiatan penyuluhan mahasiswa KKN Unija Madura

Mahasiswa KKN Unija Madura Ajak Para Lansia Desa Lobuk Cegah Penyakit Hipertensi

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Wiraraja (Unija) Madura berikan peyuluhan cara mencegah penyakit hipertensi lansia, di Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep. Rabu (9/8/2023).

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Selain memberikan penyuluhan, para mahasiswa KKN juga lakukan cek kesehatan gratis dan senam sehat bareng lansia di pendopo balai Desa setempat.

Kegiatan ini, merupakan buah kerjasama, Mahasiswa KKN Unija dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Lobuk, sejak awal bulan agustus kemarin.

Ketua Kelompok Mahasiswa KKN Unija Madura, Nahludin Ma’arif menyapaikan, bahwa dengan penyuluhan kesehatan dan senam sehat dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan yang dapat meminimalisir resiko hipertensi.

Selain itu, kegiatan tersebut dilakukan sebagai edukasi penyadaran terhadap masyarakat setempat tentang penyakit hipertensi, macam-macam hipertensi, faktor penyebab hingga ke cara mencegahnya.

“Dengan adanya edukasi seputar hipertensi, masyarakat dapat dengan sadar menjaga pola hidup sehat, termasuk kami peserta KKN unija madura,” kata Ma’arif.

Sementara, Kepala Desa Lobuk, Moh Saleh menilai kegiatan tersebut sangat berdampak, karena masyarakat dapat mengetahui betul penyebab penyakit hipertensi terjadi.

“Acara hari ini sangat bermanfaat sekali, terutama bagi masyarakat yang selama ini belum mengetahui apa penyebab penyakit hipertensi, penanggulangannya dan bagaimana seharusnya dilakukan,” ujarnya.

Kedepan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, ia berharap agar kegiatan ini menjadi kerjasama yang tidak terputus, sehingga kesehatan warga dibawah tanggung jawabnya sehat.

“Giat ini mungkin kedepan bisa terus dilakukan, supaya menjadi pemahaman yang baik kepada masyrakat, agar setiap saat bisa memeriksakan kesehatannya di tempat tempat kesehatan terutama di poskesdes atau datang ke perawat dan bidan desa yang ada di desa lobuk,” demikian Kades Saleh menghimbau masyarakat.

× How can I help you?