UA-110482044-1, G-W7VVX1GT8W
Daerah  

Melalui Dana CSR SKK Migas KEI, Kades Saur Saebus Pasang 10 Rumpon Laut

Melalui Dana CSR SKK Migas KEI, Kades Saur Saebus Pasang 10 Rumpon Laut
FOTO: Proses pemasangan rumpon laut di perairan laut saur saebus

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility) SKK Migas Kangean Energy Indonesia (KEI) Pemerintah Desa (Pemdes) Saur Saebus, pasang 10 unit rumpon di perairan laut Desa setempat.

Menurut Kades Saur Saebus, Kecamatan Sapeken, Sumenep, Moh Saleh, gerakan pasang rumpon dilakukan, atas dasar hasil analisis kondisi perairan laut saur saebus.

“Kami melihat, kondisi perairan laut desa saur saebus, keberadaan ikan mulai berkurang, ditambah meningkatnya jumlah nelayan, maka menjadi perlu untuk gotong royong pasang rumpon, melalui dana CSR SKK Migas- Kei,” kata Moh Saleh. Rabu (25/1/2023).

Adapun tujuan dari pemasangan rumpon laut ini, semata mata untuk kepentingan masyarakat saur saebus, agar tidak perlu nyebrang terlalu jauh untuk mencari ikan.

Baca Juga :   Dinas Koperasi Sumenep Berikan Sertifikat Tanah Secara Gratis

Karena itu, dengan terpasangnya 10 unit rumpon ini, pihaknya berharap kepada masyarakat, agar ikut serta merawat rumpon untuk dinikmati bersama

“10 unit rumpon yang terpasang dengan 2 jenis, yaitu rumpon dasar 6 unit dan rumpon apung 4 unit. Rumpon apung ini, kami pasang sebelah selatan pulau saebus dan pulau saur, sedangkan rumpon dasar kami pasang disebelah timur pulau saur dan sebelah utara pulau saebus,” jelasnya.

Apabila, nantinya keberadaan rumpon ini sangat produktif untuk rumah ikan, Moh Saleh meminta, agar para kelompok nelayan dapa berupaya, menambah jumlah rumpon seperti yang dilakukan oleh pemdes saur saebus.

Baca Juga :   Lebaran Idul Fitri, Warga Sumenep Diimbau Tidak Nyembelih Sapi Betina

Sementara, Manager Public Government Affair Kangean Energy Indonesia (KEI) Hanip Suprapto menilai, langkah yang diambil Kades, menjadi tepat.

“Karena, dalam membuat program CSR, kami mengutamakan program program yang memiliki manfaat bagi masyarakat banyak.” kata Hanip.

Hanip juga mengungkapkan, bahwa program rumpon sudah sesuai arahan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dalam berbagai kesempatan

“Program yang berkelanjutan merupakan prioritas. Program rumpon laut tidak hanya semata mata untuk kelestarian lingkungan, namun juga ditujukan untuk menjaga biota laut, agar tetap lestari yang pada gilirannya dapat menjaga kesinambungan tangkapan ikan.” tuturnya.

Kangean Energy Indonesia, (kata Hanip) akan terus berupaya melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, untuk membuat program yang memiliki multiple efek positive dalam jangka menengah dan jangka panjang.

Baca Juga :   Lomba Asmaul Husna, Danyonarmed: Antara Mental Challenges Versus Pembangunan Karakter

“Kerja keras masih perlu terus dilakukan dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk yang telah dilakukan oleh pemdes saur saebus,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan