https://limadetik.com/

Mengintip Resep Kaldu Kokot, Kuliner Khas Sumenep

  • Bagikan
IMG 20200506 WA0026
Kaldu Kokot Kuliner Khas Sumenep, Madura, Jawa Timur

SUMENEPlimadetik.com – Setiap daerah memiliki ciri khas kuliner. Begitupun Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Kabupaten dengan lambang Kuda Terbang itu memiliki kuliner khas, salah satunya Kaldu Kokot (kikil sapi).

Masakan yang satu ini bahan dasarnya kacang hijau dan kokot sapi. Rasanya tentu beda dengan kuliner lainnya. Kuahnya yang segar dan lezat itu sangat cocok disantap dalam segala suasana. Apalagi jika ditambah dengan taburan jeruk nipis dan sambalnya, dijamin ingin selalu mencoba. Ketagihan.

https://limadetik.com/

Harganya antara Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per porsi. Namun, bagi Anda yang ingin membuat sendiri agar bisa dinikmati semua keluarga, justru lebih bagus. Lalu apa saja resepnya?.

Resepnya yaitu, 250 gram kacang hijau, direbus sampai hancur 250 gram daging sapi 15 siung bawang putih 10 butir bawang merah 250 gram bawang prei 100 gram cabai, direbus untuk sambal 2 buah jeruk nipis 5 butir merica Pala, garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya 5 batang daun bawang, dirajang untuk taburan Bawang goreng untuk taburan Lontong sebagai pelengkap.

Kemudian rebus daging hingga lunak, potong dadu. Sisihkan, tapi jangan dibuang air rebusannya. Haluskan bumbu bawang putih, bawang merah, merica, dan pala. Lalu, tumis bawang prei hingga harum, masukan bumbu halus dan tumis kembali. Kemudian, masukan 3/4 bumbu tumis ke dalam kacang hijau yang sudah direbus.

Tambahkan air rebusan daging, beri garam, gula, dan kaldu secukupnya. Tambahkan sedikit air ke sisa bumbu yang masih ditumis, masukan potongan daging. Setelah itu, tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya.Angkat saat bumbu sudah meresap.

Sajikan kaldu dengan daging dan lontong. Beri taburan daun bawang, tambahkan sambal yang telah dihaluskan dan jeruk nipis sesuai selera.

Lalu nunggu apa lagi? Bisa Anda coba untuk menu buka puasa.

(hoki/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan