Artikel

Mengoptimalkan Kinerja Keuangan dengan Penerapan Anggaran Fleksibel

×

Mengoptimalkan Kinerja Keuangan dengan Penerapan Anggaran Fleksibel

Sebarkan artikel ini
Mengoptimalkan Kinerja Keuangan dengan Penerapan Anggaran Fleksibel
Ilustrasi keuangan

Mengoptimalkan Kinerja Keuangan dengan Penerapan Anggaran Fleksibel

Oleh : Vido Pratama Arianto (2021-050)
Karunia Pranindya Aprisasti (2021-060)
Elmalia Hasanah (2021-071)
Martalia Ika Nur Hana (2021-087)
Program Studi Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang
___________________________

ARTIKEL – Anggaran fleksibel adalah alat manajemen keuangan yang penting dalam menghadapi perubahan kondisi pasar dan lingkungan bisnis. Dengan penerapan anggaran fleksibel, perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja keuangannya dan tetap responsif terhadap perubahan.

Artikel ini akan membahas konsep anggaran fleksibel, manfaatnya, dan cara penerapan nya dalam konteks manajemen keuangan.

Konsep Anggaran Fleksibel

Anggaran fleksibel merupakan suatu pendekatan dalam perencanaan keuangan yang memungkinkan untuk penyesuaian anggaran secara fleksibel sesuai dengan perubahan volume aktivitas. Hal ini berbeda dengan anggaran statis yang cenderung kaku dan sulit disesuaikan dengan perubahan kondisi bisnis.

Dengan anggaran fleksibel, perusahaan dapat lebih responsif terhadap perubahan permintaan pasar, biaya produksi, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi kinerja keuangan.

Manfaat Anggaran Fleksibel

Penerapan anggaran fleksibel memiliki beragam manfaat, antara lain:

▪️Responsif terhadap Perubahan: Dengan anggaran fleksibel, perusahaan dapat dengan cepat menyesuaikan anggaran dengan perubahan kondisi pasar, sehingga tetap dapat mencapai target keuangan.

▪️Pengendalian Biaya yang Lebih Baik: Anggaran fleksibel memungkinkan perusahaan untuk lebih efektif mengendalikan biaya, karena dapat menyesuaikan anggaran dengan volume aktivitas yang berubah.

▪️Perencanaan Lebih Akurat: Dengan memperhitungkan berbagai skenario perubahan, anggaran fleksibel membantu perusahaan dalam merencanakan secara lebih akurat.

Penerapan Anggaran Fleksibel

Untuk menerapkan anggaran fleksibel, perusahaan perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

▪️Identifikasi Faktor-Faktor Fleksibilitas: Tentukan faktor-faktor yang paling memengaruhi perubahan anggaran, seperti volume produksi, harga bahan baku, atau permintaan pasar.

▪️Penyusunan Berbagai Skenario: Buatlah berbagai skenario perubahan yang mungkin terjadi, dan tentukan bagaimana anggaran akan disesuaikan dalam setiap skenario tersebut.

▪️Pemantauan dan Evaluasi: Lakukan pemantauan secara berkala terhadap faktor-faktor yang memengaruhi anggaran, dan evaluasi kinerja keuangan berdasarkan berbagai skenario yang telah disusun.

Dengan penerapan anggaran fleksibel, perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja keuangannya dan tetap kompetitif di tengah dinamika pasar.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami konsep anggaran fleksibel dan menerapkannya secara efektif dalam manajemen keuangannya.

× How can I help you?