Artikel

Meninjau Kembali Sistem Administrasi Publik di Indonesia Melalui Kajian Literatur: Tantangan dan Peluang untuk Meningkatkan Kinerja Pemerintah

×

Meninjau Kembali Sistem Administrasi Publik di Indonesia Melalui Kajian Literatur: Tantangan dan Peluang untuk Meningkatkan Kinerja Pemerintah

Sebarkan artikel ini
Meninjau Kembali Sistem Administrasi Publik di Indonesia Melalui Kajian Literatur: Tantangan dan Peluang untuk Meningkatkan Kinerja Pemerintah
FOTO: Amirotul Luthfiyah

Meninjau Kembali Sistem Administrasi Publik di Indonesia Melalui Kajian Literatur: Tantangan dan Peluang untuk Meningkatkan Kinerja Pemerintah

Oleh : Amirotaul Luthfiyah
Prodi: Administrasi Publik
Fakultas: Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

_____________________________

ARTIKEL – Sistem administrasi publik di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Namun, masih banyak tantangan yang harus dihadapi agar kinerja pemerintah dapat meningkat. Oleh karena itu, kajian literatur perlu dilakukan untuk meninjau kembali sistem administrasi publik di Indonesia dan mencari peluang untuk meningkatkan kinerja pemerintah.

Tantangan yang dihadapi oleh sistem administrasi publik di Indonesia sangatlah kompleks. Salah satunya adalah terkait dengan pemberantasan korupsi. Korupsi merupakan salah satu masalah yang sangat merugikan negara dan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya proyek-proyek yang tidak sesuai dengan standar dan anggaran yang telah ditetapkan.

Selain itu, masih terdapat masalah terkait dengan birokrasi yang masih panjang dan rumit. Proses birokrasi yang panjang dan rumit ini seringkali menjadi hambatan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan publik. Masyarakat seringkali merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah karena proses birokrasi yang terlalu lama dan berbelit-belit.

Tantangan lainnya adalah terkait dengan transparansi dan akuntabilitas. Keterbukaan informasi publik dan akuntabilitas merupakan hal yang sangat penting dalam sistem administrasi publik. Namun, masih banyak pejabat pemerintah yang tidak transparan dan tidak akuntabel dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini menyebabkan masyarakat kurang percaya dan tidak puas dengan kinerja pemerintah.

Namun, meskipun terdapat berbagai tantangan, masih terdapat peluang untuk meningkatkan kinerja pemerintah melalui sistem administrasi publik. Salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan adalah teknologi informasi. Teknologi informasi dapat digunakan untuk mempercepat proses birokrasi, meningkatkan transparansi, dan mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan publik.

Selain itu, peluang lainnya adalah dengan memperbaiki manajemen sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia sangat penting dalam sistem administrasi publik. Dengan memperbaiki manajemen sumber daya manusia, diharapkan kinerja pemerintah dapat meningkat secara signifikan.

Selanjutnya, peran masyarakat juga sangat penting dalam meningkatkan kinerja pemerintah melalui sistem administrasi publik. Masyarakat dapat berpartisipasi dalam pengawasan dan pengendalian pemerintah. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan informasi publik, memberikan masukan dan saran terhadap program pemerintah, serta melaporkan tindakan korupsi yang terjadi.

Sebagai kesimpulan, sistem administrasi publik di Indonesia masih memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi. Namun, terdapat peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja pemerintah. Kajian literatur perlu terus dilakukan untuk meninjau kembali sistem administrasi publik di Indonesia dan mencari peluang untuk meningkatkan kinerja pemerintah.

Semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun akademisi perlu bekerja sama untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang tersebut. Dalam hal ini, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah strategis untuk memperbaiki sistem administrasi publik, seperti mengimplementasikan teknologi informasi yang tepat, memperbaiki manajemen sumber daya manusia, dan memperkuat transparansi dan akuntabilitas. Selain itu, pemerintah juga harus membuka diri terhadap masukan dan saran dari masyarakat serta berkomitmen untuk mengatasi masalah korupsi.

Sementara itu, masyarakat perlu memperkuat peran dan partisipasinya dalam pengawasan dan pengendalian pemerintah. Masyarakat dapat mengajukan permohonan informasi publik, memberikan masukan dan saran terhadap program pemerintah, serta melaporkan tindakan korupsi yang terjadi. Dengan cara ini, masyarakat dapat memperkuat kontrol sosial terhadap pemerintah dan memperbaiki kinerjanya.

Terakhir, akademisi perlu terus melakukan kajian literatur dan penelitian untuk meninjau kembali sistem administrasi publik di Indonesia. Dalam hal ini, akademisi dapat memberikan masukan dan saran kepada pemerintah serta masyarakat mengenai langkah-langkah strategis yang dapat diambil untuk memperbaiki kinerja pemerintah.

Dalam kesimpulannya, kajian literatur perlu terus dilakukan untuk meninjau kembali sistem administrasi publik di Indonesia dan mencari peluang untuk meningkatkan kinerja pemerintah. Semua pihak perlu bekerja sama untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Pemerintah harus memperbaiki sistem administrasi publik dengan strategi yang tepat, masyarakat harus memperkuat peran dan partisipasinya dalam pengawasan dan pengendalian pemerintah, dan akademisi harus terus melakukan kajian literatur dan penelitian. Dengan cara ini, diharapkan kinerja pemerintah dapat meningkat dan masyarakat dapat merasakan manfaat dari pelayanan publik yang lebih baik dan efektif.
________________________________

Disclaimer: Seluruh isi pada tulisan ini, tanggung jawab penulis sepenuhnya

× How can I help you?