https://limadetik.com/

Pelayaran ke Kepulaun Tetap Ada, KSOP Kalianget: 50 Persen Penumpang Bukan 50 Orang

  • Bagikan
KM Sabuk Nusantara 27
Kapal sabuk nusantara 27 (dok. Limadetik.com)

SUMENEP, Limadetik.com — Kepala Kantor Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kaliangat, Kabupaten Sumenep menyatakan pelayaran ke kepulauan di Sumenep tetap ada dan melayani penumpang namun berdasarkan protokol kesehatan yakni penumpang 50 persen dari kapasitas kapal.

“Jadi 50 persen ya dari kapasitas kapal, bukan 50 orang sebagaimana info yang telah beredar di tengah masyarakat. Kita tetap melayani penumpang tapi harus memenuhi protokol kesehatan untuk mrmutus pandemi covid-19 ini di sumenep” kata KSOP Kaliangat, Supriyanto melalu pesan WhatsApp nya, Sabtu (2/5/2020).

https://limadetik.com/

Menurut KSOP pelabuhan kaliangat Sumenep, 50 persen penumpang dari kapasitas kapal dimaksud untuk menekan dan mencegah penyebaran covid-19 bagi para penumpang yang ada.

“Kita ikuti petunjuk protokol kesehatan dalamrangka bersama sama melawan covid ini, maka umpama kapasitas kapalnya 200 orang penumpang ya kita bolehkan 100 orang artinya 50 persen dari itu” terangnya.

Supriyanto berharap, semua calon penumpang yang hendak menaiki kapal ke kepulauan agar mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, seperti memakai masker dan jaga jarak antar penumpang.

“Tentunya kami berharap agar seluruh calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan ke pulau melalui kapal laut kiranya tetap mematuhi aturan yang ada, seperti sosial distanching ketika di kapal” tukasnya.

Sebelumnya sebagaimana diketahui, KSOP Kaliangat dan Dishub Sumenep pernah menyampaikan informasi bahwa untuk sementara kapal yang berangkat ke kepulauan hanya mengangkut logistik saja dan tidak boleh mengangkut orang atau penumpang. Hal itu disampaikan berdasar Permenhub no 25 tahun 2020.

Namun belakangan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep dan KSOP Kaliangat membolehkan mengangkut penumpang dengan cara mengikuti protokol kesehatan atau pemeriksaan kesehatan dan sosial distanching di kapal hingga akhirnya dibatasi menjadi 50 persen dari kapasitas kapal.

(yd/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan