PAMEKASAN, Limadetik.com — Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Sabtu malam (16/02/2019), meluncurkan aplikasi berbasis android guna memperluas dan mempercepat layanan kepada masyarakat di wilayah itu.

Aplikasi berbasis teknologi informasi ini diberi nama “Pamekasan Smart” yang diluncurkan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan di alun – alun Arek Lancor dengan menyentuh layar diikuti Forkopimda dan sejumlah pimpinan Orgainsasi Perangkat Daerah (OPD).

Aplikasi berbasis android tersebut diluncurkan langsung oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama wakilnya Raja’e dan Forkopimda setempat dengan bersama-sama menekan layar monitor sebagai tanda peresmian “Pamekasan Smart”.

“Ikhtiar ini kami lakukan untuk kemudian menjadikan Kabupaten Pamekasan cepat dan gesit dalam memberikan pelayanan, serta berdaya saing dengan kabupaten-kabupaten maju di Indonesia,” kata Bupati Baddrut Tamam.

Peluncuran aplikasi “Pamekasan Smart” itu dilakukan, bukan atas dasar kemauan antara dirinya bersama Wabup Raja’e, namun bersama Pj Sekda dan seluruh pimpinan OPD agar Kabupaten berslogan Gerbang Salam ini bergeser menjadi maju.

Salah satu fitur “Pamekasan Smart” adalah E-Madhul Bupati dan E-Lorong. Bupati Baddrut Tamam menyebut, E-Madhul atau E-mator bupati merupakan wadah bagi masyarakat yang ingin menyampaikan sesuatu tanpa harus bertemu langsung dengan Bupati dan Wakil Bupati.

“E-Madhul Bupati ini adalah untuk seluruh masyarakat Kabupaten Pamekasan yang ingin menyampaikan sesuatu walaupun tidak harus bertemu dengan kami, tapi bisa disampaikan untuk kemudian cepat dilakukan,” kata Bupati muda ini.

Menurutnya, sejumlah pelayanan melalui aplikasi ini bisa disampaikan langsung, baik soal kesehatan maupun hal lainnya. Termasuk E-Lorong, adalah untuk mempermudah laporan bagi masyarakat di beberapa tempat. Misalnya, ada jalan rusak, dia mengaku, sebelumnya masih banyak yang mengadu langsung kepadanya melalui surat.

“Sekarang, cukup foto, kirim dan akan diterima oleh instansi terkait dan pemerintah segera bertindak cepat untuk memperbaiki beberapa jalan yang rusak itu,” lanjutnya.

Kemudian, Politikus muda partai kebangkitan bangsa (PKB) tersebut berupaya untuk memberikan seluruh pelayanan kepada masyarakat lebih mudah, efektif, cepat dan profesional.

Hal itu dilakukan guna mempercepat mengatasi persoalan serta berdaya saing di era 4.0 industri menuju Pamekasan Hebat, Rajjha, Bhajjra dan Parjhuga.

Dirinya berharap, aplikasi “Pamekasan Smart” Ini isinya semakin lengkap dan diperbaiki dengan tampilan yang menarik dan marketable.

“Semakin banyak yang diperbaiki, saya meyakini “Pamekasan Smart” akan menjadi roll model baru dalam memberikan pelayanan yang ideal bagi masyarakat Pamekasan,” kata mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Sebab, kata Bupati Baddrut, masyarakat Pamekasan menunggu kerja nyata pemimpin baru yang hadir di tengah-tengah rakyatnya.

“Keinginan inilah yang diharapkan masyarakat kepada pemimpin baru, pelayanan yang cepat, tuntas, profesional, dan seluruh rakyat tersenyum dengan pelayanan tersebut,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Pamekasan M. Bahrun menyatakan, peningkatan pelayanan publik melalui aplikasi berbasis android “Pamekasan Smart” itu sebagai bentuk implementasi dari amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Peraturan Bupati (Perbup) Pamekasan Nomor18 Tahun 2018 tentang Pengembangan e-Government (e-gov) di Lingkungan Pemkab Pamekasan.

“Dan aplikasi ini tersambung secara langsung ke masing-masing instansi terkait. Ini juga sebagai bentuk inovasi terbaru pelayanan publik berbasis teknologi yang menghubungkan langsung antara masyarakat dan pemerintah daerah,” katanya.

Aplikasi layanan publik berbasis androir “Pamekasan Smart” ini bisa diunduh secara langsung di google play store. (arif/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here