https://limadetik.com/

Peringatan Harlah Ke-38, IKBAL TABAH Terbitkan Buku Terbaru

  • Bagikan
IMG 20200319 WA0018

LAMONGAN, Limadetik.com – Dalam rangka memperingati hari lahirnya ke-38 Tahun, Ikatan Keluarga Besar Alumni Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah (IKBAL TABAH) Kranji Paciran Lamongan, Jawa Timur menerbitkan buku terbaru berjudul “Sejarah Perjalanan Ikbal Tabah 1982 – 2020”

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikbal Tabah, Moh. Nur Huda menyampaikan, Penulisan buku ini, setidaknya didasarkan pada tiga aspek utama. Pertama, merekam ulang secara lebih sistematis, komunikatif, dan terperinci mengenai perjalanan sejarah Ikbal Tabah dari mulai berdirinya sejak 19 Maret 1982 sampai kini, di usianya yang genap tiga puluh delapan tahun, Kamis (19/3/2020).

https://limadetik.com/

“Kedua, memotret meski sekilas para pimpinan Ikbal Tabah yang selama kurun waktu tersebut telah memberikan usaha, perjuangan, dedikasi dalam upaya pengembangan organisasi walau tentu banyak problematika yang dihadapi. Ketiga, memberikan bahan pustaka dan catatan historis agar sejarah perjalanan Ikbal Tabah tidak tergerus oleh waktu” katanya.

Dikatakan Huda yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) ini, bahwa momen peringatan Harlah Ikbal Tabah tahun ini tidak diadakan kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya dikarenakan mengantisipasi adanya penyebaran Corona Virus Desease 2019 (COVID-19), yang kini menjadi pandemi global.

Sementara itu, Drs. H. Fathur Rahman Ketua Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah dalam sambutannya menyambut baik diterbitkannya buku ini oleh Ikbal Tabah yang diupayakan untuk memperingati hari kelahirannya yang ke-38, sekaligus ditunjukkan kepada almamater Tarbiyatut Tholabah sebagai pengabdian dari para alumninya.

“Melalui buku ini masyarakat akan mengetahui banyak hal tentang profil para lulusan yang mampu berkiprah dan mengabdi di berbagai wilayah nusantara. Sebagai sebuah usaha awal, sudah pasti buku sejarah ini akan menjadi sumbangan yang sangat berharga bagi perjalanan Tarbiyatut Tholabah dan Ikbal Tabah di masa-masa mendatang” terangnya.

“Dengan buku ini, akan dapat memberikan perspektif baru dalam memandang dinamika Pesantren dan Ikbal Tabah. Di samping itu juga akan merangsang para santri untuk melakukan kreasi-kreasi inovatif, yang produktif dan positif, sehingga bisa bermanfaat bagi Tarbiyatut Tholabah dan masyarakat luas” tegas Fathur Rahman.

Turut memberikan Sambutan dan Pengantar dalam buku ini adalah KH. Moh. Nasrullah Baqir, Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah, Drs. Marsikhan Mansur, SH Tokoh Perintis Ikbal Tabah dan Prof. Dr. H. Ma’sum Nur Alim, M. Ag Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya. Buku ini ditulis oleh tim yang dibentuk Ikbal Tabah terdiri atas Moh. Khoirul Fatih, Moh. Shorih Al-Kholid, Anang Romli dan Putri Utami. (Jamil/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan