BONDOWOSO, limadetik.com — Rayakan Hari Jadi Bondowoso (Harjabo) ke 200 Tahun, ribuan warga memperebutkan gunungan hasil bumi sebanyak 258 gunungan.

Ratusan gunungan yang berupa sayur mayur dan buah-buahan tersebut sengaja disiapkan untuk masyarakat umum. Semua gunungan dibuat oleh seluruh instansi, perbankan, pemerintah desa, kecamatan, dan sejumlah perusahaan swasta.

Lihat juga: Peringati Harjabo ke 200, Para Petinggi Pemerintah Bondowoso Ziarah ke Makam Ki Ronggo

Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rahmat, mengatakan, grebeg gunungan ini sendiri dilaksanakan sebagai perwujudan rasa syukur atas berbagai hasil bumi yang telah dinikmati oleh masyarakat Bondowoso.

Lihat juga: Semarakkan Harjabo, Wabup Perintahkan Semua OPD Untuk Memeriahkan

“Ini ungkapan syukur kita atas hasil bumi di Bondowoso dan semua ini untuk masyarakat Bondowoso, semoga Bondowoso kedepan lebih makmur dan makin sejahtera” kata Irwan saat membuka acara di depan Pendopo Bupati, Sabtu (29/6/2019).

Masyarakat nampak tak kenal lelah menunggu grebeg Gunungan, karena acara ini baru kali pertama dilakukan dalam kegiatan Harjabo, buktinya masyarakat rela berdesak-desakan bahkan sampai terjatuh hanya sekadar memperoleh hasil bumi seperti tomat, kol, cabai, timun, terong, dan kacang panjang, ada juga kue serabi, bahkan beberapa gunungan nampak juga di beri uang kertas baru.

Ratusan gunungan tersebut telah ditata rapi di sepanjangan depan Pendopo Bupati depan Makodim 0822 Bondowoso. Semula gunungan diperkirakan sebanyak 200, namun karena antusias dengan acara ini ,jumlah gunungan lebih dari rencana awal. (budhi/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here