Jamaah Haji Lansia. Doc. Limadetik

SUMENEP, Limadetik.com – Satu jamaah haji asal Sumenep, Jawa Timur, meninggal dunia di Surabaya, Jum’at (31/8/2018) pagi.

Berita Terkait:

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Moh. Bakri mengatakan, jemaah haji yang meninggal dunia atas nama Haji R. Rafik (70), warga Jl. Kartini, Desa Pangarangan, Kecamatan Kota Sumenep.

“Setelah turun dari pesawat di Surabaya, dia langsung dibawa ke rumah sakit. Tetapi dalam perjalanan meninggal dunia. Saat ini jenazahnya masih di rumah sakit haji,” terangnya.

Bakri menjelaskan, dia memang sakit sejak di Mekkah. Tetapi karena kondisinya membaik diperbolehkan pulang. Sayangnya sebelum tiba di tempat tinggalnya, menghembuskan nafas terakhir.

“Karena memang sudah lanjut usia, dia didampingi anaknya. Sakit sejak di Mekkah. Saat melakukan ibadah wukuf mungkin kecapean dan jatuh sakit,” ucapnya.

Maka dengan meninggalnya satu jamaah haji tersebut, jumlah kloter 11 tersisa 444 dari semula 445 jamaah. “Ya kurang satu. Kalau yang kloter 10 kurang dua karena sakit dan masih di rawat di rumah sakit Mekkah. Nanti ketika mulai membaik akan dipulangkan bersama kloter lain,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, jumlah jamaah haji Sumenep sebanyak 681 orang, terbagi dalam tiga kloter, yakni kloter 10 sebanyak 221 jemaah, kloter 11 sebanyak 445 jamaah, dan 15 jemaah masuk kloter campuran dengan wilayah lain di Jawa Timur, yakni kloter 33. Kloter 10 telah tiba di Sumenep pada Kamis malam, dan kloter 11 telah tiba di Jumat (31/8/2018) tadi siang. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here