Scroll Untuk Membaca Artikel
Headline News

Semarak HUT RI ke 78, Cabdin Jatim Wilayah Sumenep Gelar Sejumlah Lomba

×

Semarak HUT RI ke 78, Cabdin Jatim Wilayah Sumenep Gelar Sejumlah Lomba

Sebarkan artikel ini
Semarak HUT RI ke 78, Cabdin Jatim Wilayah Sumenep Gelar Sejumlah Lomba
FOTO: Kacabdin jatim Wilayah Sumenep, Budi Sulistyo (tengah) saat mengikuti lomba nyo'on keddeng mulai miring

Semarak HUT RI ke 78, Cabdin Jatim Wilayah Sumenep Gelar Sejumlah Lomba

LIMADETIK.COM, SUMENENEP – Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 78, Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Jawa Timur Wilayah Sumenep menggelar sejumlah kegiatan perlombaan sebagai wujud rasa syukur atas merdekanya Bangsa Indonesia yang usianya saat mencapai 78 tahun, Sabtu (19/8/2023).

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Kegiatan lomba tersebut berlangsung di halaman kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Jawa Timur Wilayah Sumenep, dengan diawali senam bersama. Setidaknya, ada tujuh jenis kegiatan lomba yang digelar dan diikuti SMA/SMK baik Negeri maupun swasta se Kabupaten sumenep.

Tampak dalam kegiatan itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) jawa Timur Wilayah Sumenep, Busi Sulistyo ikut berbaur bersama para peserta lainnya, bahkan ikut lomba Nyo’on Keddeng (bahasa maduranya) atau menjujung nyiru yang dikenal sebagai alat penampi beras.

Sontak saja para peserta atau yang hadir dalam kegiatan itu tertawa melihat kelucuan Kacabdin Budi Sulastyo yang berjalan layaknya seseorang berjualan kue, namun tidak sampai ke finis, alat yang dibawa jatuh terlebih dahulu.

Usai mengikuti lomba, kepada media Kacabdin mengatakan, bahwa kegiatan lomba yang digelarnya har ini merupakan bentuk kebahagiaan dan kebersamaan dalam mensyukuri kemerdekaan RI yang ke 78.

“Setidaknya, ini adalah bagaian bagaimana cara kita menerima kemerdekaan dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Karena kita tidak lagi ikut berperang sebagaimana yang dilakukan para pahlawan kita dulu” katanya.

Menurut Kacabdin, setidaknya ada tujuh jenis kegiatan yang dilombakan untuk menyemarakkan HUT RI ke 78, yang diikuti masing-masing SMAN/SMKN minimal delegasi atau perwakilan. Hal ini tamba menarik saat para peserta semakin antusias, tentu menandakan pentingnya kebersamaan dalam membangun Bangsa.

“Kebersamaan seperti ini adalah contoh bagaimana kita terus melakukan yang terbaik untuk Bangsa dan Negara ini, maka sebagai orang yang berada di dunia pendidikan, kami terus memacu semangat para seluruh Guru SMA/SMK baik Negeri maupun swasta untu terus melakukan inovasi dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Sumenep” terangnya.

Selain lomba nyo’on keddeng (madura) ada juga lompa lari estafet, lomba lari sarung, makan kerupuk, lomba tepung dan lain sebagainya untuk mengisi perayaan HUT RI ke-78, dengan doorprize yang menarik disediakan oleh ibu-ibu Dharma Wanita di lingkungan Cabang Dinas.

“Semoga dengan adanya lomba atau kegiatan ini, kita akan senantiasa mengingat dan mengenang jasa para pahlawan terdahulu, yang berjuang memrebut kemerdekaan. Jadi saya minta, mari kita repleksikan kemerdekaan ini dengan terus berbuat baik terhadap sesama, rukun, guyub dan maju terus demi Indonesia” pungkasnya.

× How can I help you?