SMPLB Gelar Workshop Persiapan Penerapan Sekolah Aman Bencana

TANAH LAUT, Limadetik.com — SMPLB Pelaihari gelar Workshop Persiapan penerapan sekolah/madrasah aman bencana.Workshop Stakholders Pendidikan dan Kebencanaan tahun 2018, berlangsung Selasa, (31/07/2018).

Kegiatan Workshop ini dihadiri DPRD Kabupaten Tanah Laut dari Komisi II, BPBD, Dinas Pendidikan Provinsi Dan Kabupaten, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum, Polres Tanah Laut, Kodim 1009 / Pelaihari, Departemen Agama, Kantor Kecamatan dan Kelurahan, PMI, Komite Sekolah, Ketua Yayasan dan Tokoh Agama.

Yuyun selaku, Kepala Sekolah SMPLB Pelaihari mengatakan Tujuan Workshop tersebut merupakan persiapan penerapan SMAB Stakeholders Pendidikan dan Kebencanaan pada Sekolah SMPLB Pelaihari.

“Untuk membangun budaya siaga, budaya aman dan budaya pengurangan risiko bencana di sekolah, serta membangun ketahanan warga sekolah dalam menghadapi bencana secara terencana, terpadu dan terkoordinasi.” katanya.

Menurut Yuyun, dengan pemanfaatan sumber daya yang tersedia dalam rangka memberikan perlindungan kepada peserta didik, guru, tenaga kependidikan dan masyarakat di sekitar sekolah dari ancaman dan dampak bencana. Selain itu juga menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan kebencanaan ke masyarakat luas melalui jalur pendidikan sekolah.

“Memberikan rekomendasi kepada pihak terkait, tentang kondisi struktur bangunan dan aksesibilitas lingkungan sekolah sebagai upaya pengurangan risiko bencana yang menjangkau semua warga sekolah (inklusif). Mengembangkan program sekolah/madrasah aman dari bencana bagi anak berkebutuhan khusus,” pungkas Yuyun. (her/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here