Scroll Untuk Membaca Artikel
Pendidikan

Sasar Lembaga Desa dan Pendidikan, Mahasiswa PMM UMM Kelompok 69 Gelar Workshop untuk Menambah Pengetahuan

×

Sasar Lembaga Desa dan Pendidikan, Mahasiswa PMM UMM Kelompok 69 Gelar Workshop untuk Menambah Pengetahuan

Sebarkan artikel ini
Sasar Lembaga Desa dan Pendidikan, Mahasiswa PMM UMM Kelompok 69 Gelar Workshop untuk Menambah Pengetahuan
Mahasiswa PMM UMM kelompok 69 gelombang 9 berbagi ilmu dengan lembaga Desa dan Prndidikan

Sasar Lembaga Desa dan Pendidikan, Mahasiswa PMM UMM Kelompok 69 Gelar Workshop untuk Menambah Pengetahuan

LIMADETIK.COM, MALANG – Tim pengabdian masyarakat oleh mahasiswa atau biasa yang dikenal dengan PMM dikalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) PMM merupakan kegiatan wajib bagi semua mahasiswa yang sedang aktif di universitas tersebut. Kegiatan PMM menjadi bentuk kontribusi, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

PMM yang dilakukan bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.
Kegiatan ini dilakukan salah satunya oleh kelompok 69 Gelombang 9 yang melaksanakan PMM dari tanggal 19 Januari 2024 sampai 19 Februari 2024. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Adapun anggota kelompok ini terdiri dari Ageng Hafizh Dhiya Ulhaq, Aidil Fitra Roja Aufa, Ilham Maulana, Mufti Syihab, Abrisam Al Abrar yang berasal dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), serta dibimbing oleh Setiya Yunus Saputra, M.Pd, selaku Dosen Pembimbing Lapang (DPL).

Desa Kromengan, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang menjadi sasaran dalam pengabdian ini. Dalam pengabdian ini melibatkan warga dan anak anak di lingkungan sekitar. Selama kegiatan bersama anak, tim pengabdian kelompok 69 gelombang 9 menggandeng Lembaga Desa dan juga Lembaga pendidikan untuk mensukseskan program kerja yang dilakukan.

Program kerja yang dalam era digital yang semakin berkembang, konten visual dan audio telah menjadi sarana utama dalam menarik perhatian dan terhubung dengan audiens secara efektif. Untuk memahami pentingnya keduanya, sebuah workshop berjudul “Audio dan Visual”: Kunci Konten Menarik” diadakan di SDN 5 Kromengan, yang dihadiri oleh jajaran guru di SD tersebut.

Workshop untuk Menambah Pengetahuan
Peserta workshop bersama para Mahasiswa PMM UMM usai acara.

Kegiatan Workshop terselenggara pada ini terselenggara pada 8 dan 9 Februari 2024. Workshop menjadi kegiatan yang dilakukan dengan tujuan tentang bagaimana mengoptimalkan elemen audio dan visual dalam strategi konten. Berbagai topik dibahas, mulai dari teknik fotografi dan desain grafis hingga produksi audiovisual yang efektif.

“Workshop yang diadakan oleh Departemen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang bertujuan untuk memberikan pengajar pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menggunakan media visual dan audio dalam proses pembelajaran. Berbagai topik dibahas, mulai dari teknik desain grafis yang efektif hingga penerapan suara dan musik dalam konteks Pendidikan” kata koordinator kelompok ini, Ageng Hafizh Dhiya Ulhaq, Kamis (29/2/2024).

Menurut Ageng, workshop audio dan visual ini diharapkan dapat menginspirasi pendidik untuk lebih kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

“Dengan terus mengembangkan keterampilan dalam menggunakan media multimedia, pendidik dapat lebih efektif dalam membantu siswa mencapai potensi mereka dalam pembelajaran” tutupnya.

× How can I help you?