Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, A. Fathoni

SUMENEP, limadetik.com – Dinas Kesehatan Sumenep, Jawa Timur telah menyiapkan 75 tenaga medis dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Arjasa, Pulau Kangean.

“Hasil seleksi nantinya akan dititipkan di sejumlah Puskesmas hingga Rumah Sakit Kepulauan itu beroperasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Fatoni, Jum’at (16/11/2018).

Pembangunan rumah sakit tersebut dimulai tahun ini. Tetapi Pemkab Sumenep telah mendapat alokasi formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018, yakni 75 tenaga kesehatan untuk ditempatkan di Rumah Sakit Arjasa.

Rumah sakit tersebut ditargetkan mulai beroperasi 2021 nanti. Sebab,pembangunannya baru berjalan tahun ini dengan anggaran Rp. 4, 5 Miliar. Anggaran itu hanya berupa ruang Unit Gawat Darurat (UGD), laboratorium dan Rawat Jalan.

“Rekrutmen tenaga kesehatan itu dalam rangka persiapan rumah sakit kepulauan. sebab jika menunggu selesainya pembangunan fisik Pemerintah Pusat keberatan karena tenaga yang dibutuhkan cukup banyak,” terang Fatoni.

Maka dari itu, sambung pria berkaca mata, secara bertahan kebutuhan tenaga itu disiapkan. Hanya saja untuk sementara hasil seleksi pengangkatan CPNS tahun ini akan dititipkan di Puskesmas. Tetapi SK pengangkatannya tetap di Rumah Sakit Arjasa.

Pihaknya menegaskan, pengangkatan tenaga medis Rumah Sakit Arjasa umumnya perawat kesehatan D III, termasuk dokter. Untuk dokter spesialis masih belum ada formasinya.

“Untuk dokter kami akan memanfaatkan dokter yang direkomendasi bupati ke sejumlah perguruan tinggi yang mendapat beasiswa melanjutkan pendidikan sebagai dokter spesialis,” tukasnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here