https://limadetik.com/

Tolak Fosfat, Puluhan Mahasiswa Demo Kantor Bappeda Sumenep

  • Bagikan
Tolak Fosfat, Puluhan Mahasiswa Demo Kantor Bappeda Sumenep
FOTO: Mahasiswa demo kantor Bappeda Sumenep

SUMENEP, LimaDetik.Com – Puluhan mahasiswa yang gabung dalam Aliansi Mahasiswa Sumenep (AMS), melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kedatangan mereka dalam rangka menolak tambang Fosfat, mereka memabawa spanduk besar bertuliskan “Tolak Tambang Fosfat”, “Copot Kepala Bappeda”. Ada juga “Stop Eksploitasi Tanah”. Secara bergantian orator menyampaikan aspirasinya.

https://limadetik.com/

“Copot Kepala Bappeda Sumenep, karena dengan mengupayakan perubahan RTRW, ini sudah jelas Bappeda tidak berpihak pada rakyat,” teriak Salah satu orator AMS, Moh. Sutrisno.

Apalagi menurutnya perubahan RTRW akan melegalkan pertambangan fosfat di Kabupaten Sumenep. Tak hanya itu juga, dalam rencana perubahan RTRW Sumenep yang baru, titik fosfat yang awalnya hanya delapan kecamatan ditambah menjadi 17 Kecamatan.

“Ini jelas tidak menguntungkan rakyat. Kerusakan lingkungan pasti terjadi, belum lagi ancaman bencananya. Ini tidak bisa dibiarkan,” tegasnya.

Selain itu, mahasiswa meminta pasal 40 ayat (2) itu harus dihapus, bukan malah ditambah menjadi 17 kecamatan. Sementara pasal tersebut bertentangan dengan pasal 32 tentang kawasan lindung geologi.

“Kami meminta pasal 40 ayat (2) itu harus dihapus, bukan malah ditambah menjadi 17 kecamatan,” paparnya.

Hingga berita ini diterbitkan, perwakilan masa aksi masih melakukan audiensi dengan pihak Bappeda Sumenep, ditemui oleh Yayak Nur Wahyudi selaku Kepala Bappeda Sumenep.

(Bahri/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan