Wabup Pamekasan Jadi Pembina Upacara HUT Satpol PP ke-68

PAMEKASAN, Limadetik.com – Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asy’ari bertindak sebagai pembina upacara HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-68, Satlinmas ke-56, dan HUT Damkar ke-99,  yang dilaksanakan di halaman kantor Pemkab setempat, Selasa (17/4/2018).

Sesuai  amanah Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Wabup Khalil meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) harus siap melakukan peningkatan kesiapsiagaan serta keterlibatannya dalam memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018.

Khalil menyampaikan, Peringatan hari jadi Satpol PP dan Satlinmas Tahun 2018 ini, menjadi sangat istimewa karena bersamaan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di 171 daerah yang meliputi 17 Provinsi dan 154 Kabupaten/Kota.

“Oleh karena itu tidak berlebihan kiranya pada kesempatan yang sangat baik ini digelar Apel Siaga dalam rangka mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018,” ucapannya.

Halil menyatakan, relevansi antara tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam penegakan Perda dan Pilkada serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta Satlinmas menjadi satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

“Selain itu, mempunyai tugas pokok dan fungsi antara lain membantu menjaga ketentraman dan ketertiban umum penyelanggaraan Pemilu dan Pemilukada,” imbuh Pria berkacamata itu.

Momentum tahapan Pilkada serentak, lanjut Halil sangat penting bagi jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah.

Biasanya, kata Khalil, potensi gangguan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat akan meningkat sangat tajam.

“Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi tersebut, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, aparat Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini,” tandasnya. (arf/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here