BONDOWOSO, Limadetik.com — Ini kali pertama sejak dilantik Bupati KH Salwa Arifin dan Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat menggelar Safari Pendidikan di Wilayah Bondowoso.

Acara yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cerme ini Bupati dan Wabup melakukan serap aspirasi dari berbagai guru, penilik, pengawas, kepala sekolah, dan pegiat pendidikan dari lima kecamatan. Yakni kecamatan Cerme, Prajekan, Botolinggo, Tapen, dan Klabang.

Tampak hadir dalam Safari Pendidikan ini Plt Sekda Agung Tri Handono, Kadis Dikbud Harimas, Sekretaris Dikbud Putut, Kepala Sekolah dan sejumlah undangan.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat menerangkan bahwa dalam kepemimpinanya bersama Bupati Salwa Arifin pihaknya melihat terdapat sejumlah potret buram dunia pendidikan di Bondowoso, contohnya akses jalan, sarana prasarana, dan kesejahteraan guru.

“Salah satu yang menjadi potret buram dunia pendidikan kita, selain akses jalan, sarana prasarana, yakni kesejahteraan para guru” ungkapnya dihadapan yang hadir Senin, (11/2/2019).

Menurutnya infrastruktur, dan sarana prasarana pendidikan di Bondowoso masih belum memadai. Terlebih lagi banyak kepala sekolah yang mengajukan proposal tahunan tapi tidak pernah direspon.

Oleh karena itulah, Ia meminta pada pemangku di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar semua pembangunan infrastruktur didasarkan atas azas kebutuhan, bukan azas kedekatan antara kepala sekolah dengan salah satu yang ada di Diknas.

“Ini tidak boleh lagi, tolong semua pembangunan infrastruktur didasarkan azas kebutuhan, bukan azas kedekatan antara kepala sekolah dengan salah satu yang ada di Diknas, dan tidak boleh lagi yang namanya pembangunan ini hanya terpusat di kota” tegasnya.

Sementara itu, terkait kesejahteraan para guru, Wabup Irwan meminta agar ke depan tidak boleh ada lagi potongan-potongan terhadap kesejehteraan atau tunjangan yang diberikan kepada guru-guru. (budhi/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here