Waspada! Tinggi Gelombang di Perairan Sumenep Capai 6 Meter

Ilustrasi

SUMENEP, limadetik.com – Masyarakat Sumenep, Jawa Timur yang biasa beraktifitas di laut sebaiknya waspada. Pasalnya, sejak Senin (21/1/2019) tinggi gelombang di perairan Sumenep mencapai 6 meter.

“Tinggi gelombang di Perairan Masalembu dan Kangean sejak kemarin naik cukup signifikan, yakni mencapai 5 hingga 6 meter,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Usmad Khalid, Rabu (23/1/2019).

Dari itu, pihaknya mengaku telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi khususnya di dua wilayah tersebut. Agar aktifitas nelayan dan juga pelayaran mengacu terhadap apa yang diinfokan BMKG.

Berdasarkan prediksi BMKG, untuk wilayah Masalembu dan Kangean, cuaca ektrim tersebut akan berlangsung sampai dengan (27/1/2019). Tetapi BMKG setiap hari akan terus meng’update’ perkembangan cuaca.

“Penyebab tingginya gelombang karena tekanan udara di Samudra India. Sehingga memicu kecepatan angin,” terangnya.

Sedangkan kecepatan angin, sambung Usman, maksimum mencapai 32 knot (59 Km/per jam) dari arah barat laut dan barat daya. “Maka dari itu kami sarankan agar masyarakat yang beraktifitas di laut untuk waspada,” tukasnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here