https://limadetik.com/

Amankan Pilkades Serentak, Ratusan Polisi Diberangkatkan ke Pulau Raas

Penulis: WahyuEditor: Suwandi
  • Bagikan
Amankan Pilkades Serentak, Ratusan Polisi Diberangkatkan ke Pulau Raas
FOTO: Wakapolres Sumenep, Kompol Palma Fitria Fahlevi. saat apel pergeseran pasukan pengamana Pilkades serentak

SUMENEP, Limadetik.com – Dalam rangka mengamankan tahap pungut dan hitung suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumenep, ratusan polisi diberangkatkan ke Pulau Ra’as, Minggu (21/11/2021).

Untuk pengamanan Pilkades serentak tahun 2021 di Kepulauan Ra’as kali ini, ada sekitar 105 personel BKO digerakkan yang terdiri dari 83 orang pam TPS dan 22 personel Brimob, mereka semua akan bertugas mengamankan jalan pilkades serentak di Kepulauan Ra’as, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

https://limadetik.com/

Wakapolres Sumenep, Kompol Palma Fitria Fahlevi yang memimpin apel keberangkatan dan pergeseran pasukan tersebut berpesan kepada seluruh yang bertugas agar tetap menjaga kondisi di lapangan saat mereka bertugas.

“Dalam pelaksaanaan pilkades serentak di Kecamatan Ra’as kali ini ada 5 desa yang akan mengikuti pemilihan, jadi saya berpesan kepada seluruh anggota yang bertugas agar tetap menjaga situasi yang lebih aman dan nyaman hingga pelaksaan selesai dengan baik” katanya, saat melepas keberangkatan pasukan di dermaga Kaliangat.

Dia menjelaskan, dari 105 BKO tersebut akan mengamankan lima desa yang menggelar pilkades serentak, dan akan dibagi ke sejumlah tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pelaksanaan pilkades di Kecamatan Ra’as ini diikuti oleh lima desa, dengan jumlah TPS sebanyak 39, jadi kita sudah petakan petugas PAM dan Brimob yang akan bertugas, jumlahnya juga tidak sama dan disesuaikan dengan jumlah TPS yang ada di setiap desa yang melaksanakan pemilihan” jelasnya.

 Fitria Fahlevi.,S.IP.,S.I.K.,M.I.K
FOTO: 105 BKO diberangkatkan ke Pulau Ra’as, Kabupaten Sumenep

Adapun lima desa yang akan ikut pilkades serentak di Kecamatan Ra’as antara lain, Desa Karangnangka 8 TPS dengan personil pam TPS sebanyak 17 orang, Desa Tonduk 8 TPS dengan personil pam TPS sebanyak 17 orang, Desa Poteran 5 TPS dengan personil pam TPS sebanyak 11 orang dan Desa Guwa-Guwa 8 TPS dengan personil pam TPS sebanyak 13 orang.

“Yang terbanyak TPS nya Desa Brakas, ada 12 TPS dengan personil pam TPS sebanyak 25 orang, sedangkan empat desa lainnya hanya belasan petugas karena sesuai dengan jumlah TPS nya. Jadi kita menempatkan jumlah petugas sesuai jumlah banyaknya TPS” ungkapnya.

Kompol Palma Fitria Fahlevi menegaskan, dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun ini karena masih dalam suasana covid-19, petugas diharapkan tetap mengedepan penerapan protokol kesehatan (prokes) agar tidak menimbulkan cluster baru penyebaran virus corona di Kabupaten Sumenep.

Disamping itu, para BKO yang diberangkatkan dengan KM Dharma Kartika ke Pulau Ra’as ini akan memakan waktu tempuh perjalanan laut sekitar 4 jam, semuanya doiharapkan tetap menjaga fisik satu sama lainya, agar tetap vit saat bertugas.

“Kita sudah tekankan kepada seluruh BKO ataupun Brimob yang bertugas agar tetap memperhatikan protokol kesehatan saat pelaksanaan berlangsung, jadi tanpa mengabaikan keamanan dan gesekan di tengah masyarakat, protokol kesehatan ini juga sangat penting untuk tetap dipatuhi. Dan panitia pasti sudah menyampaikan juga kepada masyarakat” pungkasnya.

Untuk diketahui, sehari sebelumnya, Polres Sumenep juga melepaskan keberangkatan BKO ke Pulau Masalembu, dengan menggunakan KM Sabuk Nusantara 92. Dengan jarak tempuh 18 jam perjalanan laut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan