Scroll Untuk Membaca Artikel
Pemerintah

Aplikasi Identitas Kependudukan Sudah Bisa Didownload Melalui Play Store

×

Aplikasi Identitas Kependudukan Sudah Bisa Didownload Melalui Play Store

Sebarkan artikel ini
Aplikasi Aktivasi Identitas Kependudukan Sudah Bisa Didownload Melalui Play Store
FOTO: Wahasah, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sumenep.

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Aplikasi identitas kependudukan, sudah bisa didownload, melalui aplikasi play store yang telah disediakan.

Program aktivasi identitas kependudukan ini, merupakan langkah Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep, guna memaksimalkan pelayanan.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sumenep, Wahasah menjelaskan, program tersebut sudah bisa didownload melalui play store yang tersedia diandroid.

Fokus aplikasi ini, sementara diprioritaskan kepada, para Aparatur Sipil Negara (ASN) wilayah kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

“Sementara ini, kami fokus sasaran kepada ASN, karena, sesuai dengan arahan dari Pak Dirjen, dan dimulai dari keluarga besar Dinas Dukcapil,” katanya, Selasa (10/1/2023) .

Pihaknya menargetkan, untuk ASN program tersebut, akan dituntaskan pada bulan Maret mendatang. Untuk itu, Disdukcapil Sumenep, melakukan aktivasi secara maraton, setiap harinya.

“Setiap hari, disdukcapil melakukan aktivasi, secara maraton, kecuali hari libur saja,” imbuhnya.

Kemudian, aktivasi tersebut, akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari karyawan Disdukcapil, ASN, Mahasiswa dan Pelajar yang sudah wajib KTP. Selanjutnya adalah masyarakat umum.

“Kalau dilakukan secara bersamaan, namanya aplikasi, kadang kan lemot. Jadi, kami lakukan secara bertahap,” kata Wahasa menambahkan.

Jika, ada pihak masyarakat (non ASN) yang sudah mengakses aktivasi melalui sertifikat tersebut, pihaknya tidak menolak dan akan tetap melayani.

Secara rinci, dirinya menyebutkan, pemohon bisa mengunduh dan menginstal aplikasi”Identitas Kependudukan Digital” yang telah tersedia di Play Store, kemudian mendatangi kantor Disdukcapil setempat, untuk melakukan verifikasi.

“Sangat mudah sekali caranya, cukup download di Play Store, nanti ikuti saja langkah yang ada disana. Manfaat dari aplikasi identitas kependudukan digital ini sangat efektif. Contoh, jika kita lupa membawa KTP yang menual, maka aplikasi tersebut sebagai solusi,” pungkasnya.

× How can I help you?