Subliyanto

Sumenep, 11 maret 2019

LIMADETIK.com — Oleh : Subliyanto

OPINI, Berita duka kembali tersiar dari Kabupaten Sumenep Madura. Ahad 10 Maret 2019 sejumlah wilayah di Kabupaten tersebut ditimpa musibah berupa angin puting beliung. Laman Media Madura melansir terdapat empat desa dari dua kecamatan yang terkena musibah tersebut, dan mengakibatkan sejumlah rumah rusak.

Dikutip dari Media Madura, sedikitnya 57 rumah di empat desa di dua Kecamatan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang rusak diterjang angin puting beliung, pada Ahad 10 Maret 2019, sekitar pukul 13.00 WIB. Empat desa tersebut meliputi Desa Talang dan Desa Kambingan Timur, Kecamatan Saronggi. Kemudian Desa Poreh dan Desa Tarogan masuk Kecamatan Lenteng. (mediamadura.com 10/03/2019).

Berita duka ini merupakan panggilan kepada kita semua untuk membantunya, sebagai wujud solidaritas dan soliditas dalam bersaudara. Menumbuhkan sikap kepedulian sosial, baik secara personal maupun kelompok merupakan hal yang penting. Maka sekecil apapun kontribusi kita kepada mereka adalah merupakan wujud nyata sebuah cinta. Karena di tangan kita terdapat pula hak mereka.

Membuka mata hati pada diri kita adalah solusi, dan peduli kepada mereka adalah aksi nyata demi terwujudnya kehidupan sosial yang indah. Sosuli riil ini dapat diwujudkan dengan membuka pundi-pundi donasi yang tentu juga terorganisir dengan baik, dan terealisasi dengan baik pula.

Kerja sama dengan semua pihak termasuk pemerintah dan dinas-dinas terkait, serta lembaga-lembaga sosial yang sudah beridentitas formal juga diperlukan, guna mempermudah dan memperlebar serta memperluas jangkauan informasi panggilan sosial.

Sehingga kultur dari budaya timur kita berupa rasa peduli, sikap saling membantu, saling mmenghormati serta gotong-royong dan yang lainnya tetap menjadi tradisi di masyarakat kita.

Semoga dengan sedikit pengantar tinta ini dapat membangkitkan semangat persatuan dan persaudaraan, serta kepedulian diantara kita. Amin (*)

Penulis adalah pendidik asal Pamekasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here