https://limadetik.com/

Begini Cerita dan Proses Warga Pagerungan Besar dapat Ambulance Laut dari GUSDURian

Penulis: WahyuEditor: Suwandi
  • Bagikan
Begini Cerita dan Proses Warga Pagerungan Besar dapat Ambulance Laut dari GUSDURian
FOTO: Ambulance Laut Bantuan Gusdurian di Desa/Pulau Pagerungan Besar

SUMENEP, Limadetik.com – Warga Desa/Pulau Pagerungan Besar, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mendapatkan bantuan sebuah ambulace laut dari Gusdurian.

Bukan tanpa sebab pemberian satu buah ambulance laut tersebut, dimana berawal dari keprihatinan dan temuan tim relawan Gusdurian di lapangan, bahwa betapa sulitnya masyarakat kepulauan saat ada salah satu warga mereka yang sakit dan harus dirujuk ke Puskesamas di Sapeken ataupun Rumah Sakit di Arjasa.

https://limadetik.com/

Ust. Moh. Yunus, Koordinator Gusdurian Kepulauan sekaligus pimpinan Majelis Nur Muhammad Pagerungan Besar mengatakan, pemberian satu buah ambulance laut oleh Gusdurian tersebut dengan cara membeli sebuah boat/sped boat bekas, lalu direhab dan dirubah agar layak jadi ambulance laut.

“Kita beli boat, lalu direnovasi di Pagerungan besar. Masa rehab selama 23 hari, sejak tgl 28 Juni s/d 20 Agustus.
Selain 1 unit boat, juga dilengkapi matras pasien, alat pengangkut pasien, sirine, Kit Emergency, termasuk perlengkapan lainnya” kata Moh. Yusnus, Rabu (25/8/2021).

Menurut alumni Pondok-Pesantren Annuqayah Guluk-guluk Sumenep itu, semua biaya dan kelengkapan untuk spead boat hingga jadi ambulance laut semuanya ditanggung oleh Gusdurian.

Baca juga: GUSDURian Peduli, Berikan Bantuan Ambulance Laut untuk Warga Kepulauan Sapeken

“Jadi, semuanya dari Gusdurian, pembelian plus dana rehab. Kita (masyarakat, red) tidak ada yang mengeluarkan biaya. Pokoknya tinggal pakai bagi masyarakat yang membutuhkannya” ungkapnya.

Begini Cerita dan Proses Warga Pagerungan Besar dapat Ambulance Laut dari GUSDURian
FOTO: Spead Boat yang dibeli Gusdurian sebelum dilakukan renovasi untuk jadi Ambulance Laut

Pengasuh kedua Pondok-Pesantren Darussalam Tanjung Kiaok itu juga menegaskan, Ambulance Laut tersebut sudah lama dinanti-nantikan masyarakat kepulauan, dirinya juga menilai ini membuktian bahwa Gusdurian selangkah lebih maju.

“Ini impian yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat kepulauan, karena dengan adanya ambulance laut ini kami yakin masyarakat pasti akan sangat merasa terbantu” jelasnya.

Terakhir dia berharap, suatu hari nanti semua kepulauan yang ada di Pulau Sapeken juga akan mendapatkan bantuan yang sama, sebab menurutnya kebutuhannya masyarakat kepualaun semuanya sama ketika hendak melakukan pengobatan lanjutan.

“Karenanya, sangat berharap ke depan semua pulau memperoleh bantuan Ambulance Laut. Terutama pulau-pilsu terluar, seperti Sakala dan Tanjung Kiaok, dan pulau yang lainnya” tukasnya.

Untuk diketahui, ambulance laut bantuan Gusdurian tersebut dilengkapi dengan mesin tempel merk Yamaha dengan kekuatan 40 PK, dan dengan kapasitas atau daya angkut sebanyak 15 orang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan