Beras Khusus Penanganan Bencana Mulai Disalurkan ke Korban Gempa Sapudi

Ilustrasi beras

SUMENEP, Limadetik.com – Beras khusus penanganan bencana mulai disalurkan kepada korban gempa di Pulau Sapudi, Sumenep, Jawa Timur. Beras yang berasal dari pemerintah pusat yang selama ini disimpan di Gudang Bulog sebanyak 22 ton mulai disalurkan. Bantuan itu disalurkan untuk meringankan beban korban gempa yang terjadi pada (11/10/2018).

“Kemarin sudah kami tandatangani beras sebanyak 22 ton untuk disalurkan ke korban gempa,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Jumat (19/10/2018).

Menurutnya, tidak hanya berupa bantuan beras, beberapa bantuan lain, seperti minyak goreng, mie instan dan kebutuhan yang lain sudah disalurkan.

“Sejak peristiwa itu terjadi bantuan terus dikirim, saat ini sudah keempat kalinya,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep, Zulkarnaen membenarkan jika bantuan beras sebanyak 22 ton itu sebagian telah disalurkan.

Menurutnya bantuan tersebut nantinya akan diberikan pada korban gempa yang ada di sejumlah kecamatan di luar Pulau Sapudi.

“Sebagian bantuan memang disediakan dalam bentuk beras. Kita dapat jatah dari pemerintah (pusat) untuk penanganan bencana, setiap tahun ada 100 ton yang dititipkan di Bulog,” katanya.

Hanya saja, sambung Zulkarnaen, bantuan itu hanya boleh disalurkan apabila di daerah terjadi bencana alam, seperti gempa bumi.

“Ya kalau tidak ada bencana tidak bisa disalurkan. Karena bantuan ini merupakan bantuan bersyarat,” imbuhnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here