Scroll Untuk Membaca Artikel
Ekonomi

Berkat KUR BRI, Pemuda Pamekasan ini Sukses kembangkan usaha Tokpatok

×

Berkat KUR BRI, Pemuda Pamekasan ini Sukses kembangkan usaha Tokpatok

Sebarkan artikel ini

Kredit Usaha Rakyat BRI Pamekasan

IMG 20240322 WA0328
Suasana di otlet usaha Tokpatok pertama milik Lis Abdurrahman, para pengunjung antri

PAMEKASAN, Limadetik.com – Menjadi seorang wirausaha muda bukanlah hal mudah. Pasalnya, banyak tantangan dan rintangan yang harus dilalui.

Mulai dari menyiapkan apa yang mau dijadikan usaha, modalnya darimana, target pasar siapa hingga memikirkan usahanya berjalan bahkan dapat berkembang dengan baik.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Hal itu dialami Lis Abdur Rahman, pria yang sehari-hari menjadi seorang guru di lembaga pendidikan swasta di kabupaten Pamekasan. Berikut cerita sekilas saat Limadetik.com menghubunginya, pada Minggu (18/04/202).

Di usianya 35 tahun yang masih tergolong muda, pria asal Larangan Tokol kecamatan Tlanakan ini mampu merintis usaha Frenchese Tokpatok.

Berbekal nekat dan niat yang kuat, Lis Abdurrahman mampu merintis usaha Tokpatok nyaman dari satu otlet menjadi 3 otlet.

Usaha yang dikembangkan dirinya bersama sang istri tidaklah mudah. Ia harus pontang panting mencari pinjaman dana sebagai modal awal.

“Tahun 2022 lalu, waktu mau buka usaha Tokpatok pertama saya kesulitan uang, apalagi masih suasana Covid 19 belum reda total. Saat itu saya pontang panting cari pinjaman ke sanak saudara dan tetangga. Untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang harus disiapkan,” katanya bercerita.

Pria yang akrab di sapa Rahman ini menuturkan, bahwa masih banyak biaya yang perlu disiapkan. Ia bercerita, bahwa freezer box beli bekas, showcase juga bekas dan kelengkapan lain harus mencari pinjaman.

Saat pertama kali grand opening otlet Tokpatok dibuka, tepatnya 29 Maret 2022, di jl. Raya Larangan Tokol Tlanakan atau sebalah selatan IAIN Madura barat jalan, modal yang digunakan pas-pasan. Bahkan, stok untuk pembelian kebutuhan dapur sangat terbatas saat itu.

Bermodal niat kuat dan tekat untuk mewujudkan cita-citanya, akhirnya Rahman mencari informasi pinjaman ke bank.

Dari berbagai informasi yang didapatkan dari temannya, ia memilih untuk melakukan pengajuan pinjaman Kredit Usaha Rakyat Bank Rakyat Indonesia (KUR BRI). Tanpa berpikir panjang, Rahman langsung menyiapkan persyaratan yang harus dipenuhi.

Salah satu syarat utamanya adalah usaha yang baru ia rintis sebagai wujud dan bukti bahwa pinjaman KUR itu akan digunakan pengembangan otlet Tokpatoknya.

“Dari semua syarat yang harus disiapkan setelah berkonsultasi dengan pihak bank, alhamdulilah pengajuan pinjaman saya di ACC dengan nilai 20 juta rupiah,” katanya.

Setelah pencairan pinjaman KUR, uang tersebut langsung ia maksimal untuk pengembangan usahanya. Wal hasil, usahanya mulai dikenal, mulai dari kalangan anak muda, remaja, mahasiswa hingga orang dewasa. Bahkan, anak – anak juga mulai suka dengan usaha yang dia rintis dari nol itu.

“Saat pandemi, rata – rata pelanggan beli dibungkus. Selain murah, prinsip penjaulan kami relatif terjangkau, sebab hanya 10 ribu paling murah dapat esteh pula,” lanjutnya.

Dalam perjalanannya, banyak tantangan yang harus didahapi. Namun, Rahman optimis usahanya akan maju, apalagi sudah ada tambahan modal melalui KUR BRI.

Awal-awal buka, kata dia tidak langsung ramai, namun perlahan tapi pasti, usaha Tokpatok pertama yang ia rintis mulai jadi idola masyarakat Pamekasan.

“Saya bersyukur, tambahan modal dari KUR BRI ini sangat membantu meningkatkan usaha Tokpatok yang saya kelola. Sebab, yang biasanya saya stok sedikit, tiap minggunya bisa meningkat. Penghasilan juga makin naik,” tambah Lis Abdurrahman.

Ia merasa sangat terbantu dengan adanya pinjaman modal KUR BRI. Bahkan, dalam setahun, dari karyawannya hanya 4 kini sudah menjadi 8 karyawan.

Tidak putus disitu saja, menurut Rahman, tahun kedua, usahanya mulai berkembang pesat, sebab mulai membuka cabang di tempat lain.

Kini, usaha Tokpatok yang ia rintis telah terdapat 3 otlet. Lis Abdurrahman menyampaikan terimakasih kepada BRI cabang Pamekasan.

Menurutnya, berkat pinjaman KUR BRI, usahanya dapat berkembang dengan baik dan diterima oleh masyarakat Pamekasan.

“Terimakasih banyak BRI dulu sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk merintis usaha hingga saat ini. Semoga pinjaman KUR BRI bisa memberikan stimulus bagi masyarakat yang ingin berwirausaha,” tandasnya.

Bagi anda yang ingin mengembangkan usahanya, manfaat pinjaman KUR BRI. Kredit ini memungkinkan anda untuk bisa mewujudkan harapan anda sebagai wirausaha. Syarat dan ketentuan berlaku.

 

× How can I help you?