SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar menasik akbar dan pelepasan secara simbolis jamaah calon haji (JCH), Selasa (17/7/2018).

Dalam acara yang dihadiri ratusan JCH, bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengingatkan mereka tentang beberapa hal. Pertama, Busyro meminta agar JCH haji menjaga kesehatan dengan cara satu satunya menjaga pola makan.

“Karena cuaca di Mekkah lebih panas dibandingkan disini. Biasanya mencapai 50 derajat celsius,” katanya Busyro.

Kemudian, mereka juga diminta selama berangkat dari tanah air, supaya menjaga nama baik bangsa. Dan khususnya menjaga nama baik Sumenep.

“Jaga nama baik bangsa. Jangan sampai membuat nama baik bangsa Indonesia tercemar melalui perbuatan yang tidak baik,” sarannya.

Disamping itu, bupati dua periode tersebut juga meminta agar JCH menjaga kekompangan sesama jamaah. Jangan sampai sesama JCH saling menghina yang berakhir kurangnya kekompakan.

“Jaga kekompakan. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Tahun ini, total 681 JCH asal Sumenep yang akan berangkat. Mereka terbagi dua kloter, yaitu kloter 10 dan kloter 11, masing-masing kloter 10 sebanyak 221 orang dan kloter 11 sebanyak 445 orang.Sedangkan untuk Calon Jemaah Haji tambahan diikut sertakan ke kloter lain yang ditangani langsung bagian bidang Haji dan Umroh Kementrian Agama Jawa Timur. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here