Scroll Untuk Membaca Artikel
Ekonomi

Cara Pemdes Pagerungan Kecil Memandirikan Warga

×

Cara Pemdes Pagerungan Kecil Memandirikan Warga

Sebarkan artikel ini
Cara Pemdes Pagerungan Kecil Memandirikan Warga
FOTO: Kondisi Usaha Ayam Petelur Melalui Dana Desa (DD) Pagerungan Kecil

Cara Pemdes Pagerungan Kecil Memandirikan Warga

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Pemerintah Desa (Pemdes) Pagerungan Kecil, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, memandirikan warga dengan cara melibatkan pada program ketahanan pangan yakni ayam petelur.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Program ini bersumber dari Dana desa (DD) Pagerungan kecil, tahun anggaran 2022.

“Upaya ini kami lakukan, berbanding lurus dengan kesesuaian program DD, dan alhamdulillah masyarakat merespon baik, terbukti sampai saat ini program tersebut bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Halilurrahman, Kades Pagerungan Kecil, Senin (1/5/2023).

Ia menjelaskan, bahwa capaian 3 tahun menjabat sebagai kades pagerungan kecil bukan hal yang mudah, karena masih banyak keinginan masyarakat yang sedang diusahakan.

“Pembangunan infrastruktur dan penguatan SDM serta pemberdayaan ekonomi masyarakat alhamdulillah sudah masuk pada tahap pengembangan, tentu memiliki kekurangan karena kami hanya menyesuaikan dengan anggaran yang ada ditambah Pendapatan Asli Desa (PADes). Kedepan pemdes tetap konsisten memasyarakatkan dana desa supaya benar benar tepat dan dirasakan warga kami,” ujarnya.

Hasyim, pengelola program ketahanan pangan membenarkan, bahwa ia yang ikut merasakan dampak progran DD.

Menurutnya, merintis peternakan ayam petelur sampai saat ini sangat membantu memenuhi kebutuhan warga pagerungan kecil.

“Sangat besar sekali dampaknya mas, ditambah kebutuhan telur di pagerungan sangat banyak. Saya juga sudah minta kepada pihak Pemdes agar dilakukan penambahan jumlah ayam dan lokasi petelurnya,” ungkap Hasyim.

Jumlah ayam petelur yang dikelola sebanyak 200 ekor dan mendapatkan 9 sampai 11 kg dalam satu hari.

× How can I help you?