Banjir Sumenep (doc. limadetik.com)

SUMENEP, Limadetik.com – Ketika turun hujan dengan intensitas tinggi beberapa titik di Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur terjadi genangan air atau banjir.

Untuk mengatasi terulangnya banjir seperti yang terjadi pada 2017 lalu, pemerintah daerah berjanji akan melakukan normalisasi Kali Patrean. Normalisasi itu dianggarkan Rp2 miliar dalam APBD tahun 2019 mendatang.

“Tahun depan Kali Patrean akan dilakukan normalisasi. Anggaran yang disediakan Rp2 miliar,” kata Kepala Dinas Sumber Daya dan Air (SDA) Sumenep, Erisusanto, Jum’at (27/7/2018).

Ada dua kali pembuangan air yang selama ini menjadi andalan guna mengantisipasi tidak terjadinya banjir. Yakni Kali Patrean dan Kali Marengan.

Menurutnya, saat ini sejumlah drainase telah diarahkan ke Kali Patrean yang semula dialirkan ke Kali Marengan. “Jika tidak dilakukan normalisasi khawatir nanti tidak bisa menampung debet air,” terangnya.

Sementara anggaran revitalisasi drainase di wilayah utara kota sebesar Rp7 miliar. “Namun pekerjaannya itu ada di Cipta Karya, bukan di SDA,” imbuhnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here