https://limadetik.com/

Dampak Libur Panjang, Empat Daerah di Jawa Timur Kembali Zona Merah

  • Bagikan
0112 zona e1606914399883

SURABAYA, LimaDetik.Com – Libur panjang beberapa waktu lalu membuat Jawa Timur kembali berstatus zona merah atau berisiko tinggi terhadap penularan kasus Covid-19. Kemablinya Jawa Timur menjadi zona merah sebaran Covid-19 karena Jember, Situbondo, Jombang dan Kota Batu kembali menjadi daerah beresiko tinggi Covid-19.

Dokter Makhyan Jibril Al Farabi Anggota Satgas Kuratif Covid-19 Pemprov Jatim mengatakan, status zona merah dan lonjakan kasus terjadi karena salah satunya adalah dampak dari libur panjang yang mulai muncul di beberapa daerah.

https://limadetik.com/

Untuk itu, dia mengingatkan bahwa, pandemi Covid-19 belum berakhir. Sehingga, masyarakat diharapkan selalu menerapkan protokol kesehatan. “Jangan nunggu waktu, kita di mana saja dan kapan saja harus selalu menerapkan protokol kesehatan ketat dengan melaksanakan jaga jarak, pakai masker, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, ” katanya, Rabu (2/12/2020).

Data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemprov Jatim juga menunjukkan, terdapat dua kabupaten yang berstatus zona kuning (risiko rendah). Yakni Pacitan serta Sampang. Kemudian ada 32 daerah berstatus zona orange (risiko sedang). Antara lain, Sidoarjo, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Tulungagung, Lamongan, Bondowoso, Kediri, Gresik, Ngawi.

“Kabupaten Nganjuk, Sumenep, Trenggalek, Ponorogo, Banyuwangi, Pasuruan, Magetan dan Probolinggo, Kota Mojokerto, Tuban, Pamekasan, Blitar, Malang, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Bojonegoro, Bangkalan, Kota Madiun, Lumajang, Mojokerto, dan Madiun masuk zona orange” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan data nasional situasi Covid-19 di Jawa Timur, Rabu (2/12/2020) pagi kasus baru di Jatim 430 orang, sembuh 54.863 orang, meninggal dunia  4.438 orang dan terkonfirmasi positif  62.313 orang. Sedangkan secara nasional kasus terkonfirmasi positif Corona telah mencapai angka 543.975 pasien.

Secara nasional jumlah ini mengalami penambahan sebanyak 5.092 kasus, bila dibanding data terakhir pada hari sebelumnya. Di sisi lain, kabar gembiranya adalah angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia juga dilaporkan terus bertambah.

Tercatat, hingga saat ini angka kesembuhan telah mencapai 454.879 orang. Sementara untuk korban meninggal terkonfirmasi positif virus Corona adalah sebesar 17.081 orang.

(GN/LD)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan