Scroll Untuk Membaca Artikel
Politik

Dikunjungi Pj Bupati, KPU Bondowoso Mulai Lipat Surat Suara Pemilu 2024

×

Dikunjungi Pj Bupati, KPU Bondowoso Mulai Lipat Surat Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Dikunjungi Pj Bupati, KPU Bondowoso Mulai Lipat Surat Suara Pemilu 2024
Beberapa petugas yang ditunjuk KPU sedang melipat surat suara

Dikunjungi Pj Bupati, KPU Bondowoso Mulai Lipat Surat Suara Pemilu 2024

LIMADETIK.COM, BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Bondowoso mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umum 2024.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Pelipatan kertas suara melibatkan sebanyak 350 tenaga pelipat surat suara yang direkrut pihak KPU dan akan berjalan sampai 19 Januari 2024 mendatang.

Ketua KPU Bondowoso,Junaedi , mengatakan untuk pelipatan surat suara yang dilakukan untuk lima jenis surat suara yang telah diterima pihak KPU yakni untuk surat suara pemilihan Presiden, pemilihan DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota.

“Dalam proses pelipatan surat suara tersebut pihak KPU juga melakukan pengawasan ketat dengan membagi 70 kelompok dimana dalam setiap kelompok terdiri dari 5 orang dan satu ketua regu atau koordinator yang bertanggung jawab dan secara rutin melakukan pelipatan suara di gudang logistik KPU yang menggunakan Gudang Bulog di Blog 9 hingga 19 januari mendatang,” ujar Junaedi, pada Limadetik.com, Selasa (9/1/2024).

Junedi menegaskan dalam rangkaian pelipatan kertas surat suara tersebut nantinya jika ditemukan adanya kertas surat suara yang rusak atupun mengalami cacat dalam percetakan maka akan dilakukan pendataan oleh petugas yang melakukan pengawasan secara rutin dalam proses pelipatan surat suara tersebut sejak hari pertama.

“Selain itu pihak KPU juga melakukan skrining dan pemeriksaan ketat terhadap setiap tenaga pelipat kertas surat suara baik saat mereka datang dan pulang dari gudang logistik setempat,” katanya lagi.

Dikatakan bahwa tenaga pelipat surat suara 100 persen adalah warga Bondowoso yang nantinya akan mendapatkan honor dengan rincian untuk surat suara prilpres Rp 200 , DPD Rp 250, DPR-RI 284 per lembar surat suara.

“Perbedaan itu kan ada yang besar dan kecil lembarannya dan sesuai ketentuan nantinya akan dikenakan pajak sebesar 5 persen ” tegasnya.

Dikatakan bahwa untuk upah dari pada Pekerja pelipatan kertas suara, di Bondowoso termasuk paling tinggi jika dibandingkan upah pekerja Pelipat kertas suara di Kabupaten lain.

“Untuk Bondowoso, upah kita untuk para Pekerja dipastikan lebih tinggi dibandingkan Kabupaten lain,” ungkapnya.

Menurutnya,KPU merekrut pekerja asal Kabupaten Bondowoso dengan tujuan memberikan serta meningkatkan taraf perekonomian Masyarakat Kabupaten Bondowoso.

Hari pertama pelipatan surat suara ditinjau langsung oleh Pj Bupati Bondowoso,beserta jajaran dan Bawaslu , pelaksanaan peninjauan Pelipatan Kertas suara itu merupakan bentuk komitmen Pemerintah bersama Pelaksana dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“Peninjauan ke Gudang Bulog ini guna memastikan proses Pelipatan kertas suara sudah sesuai dengan arahan dan tatanan dari KPU selaku penyelenggara Pemilu,” katanya.

Diharapkan semua bisa berjalan dengan aman dan penuh keterbukaan.

Untuk diketahui bahwa semua surat suara sudah diterima KPU Bondowoso masing-masing untuk surat suara Pilpres,DPD ,DPR RI , DPRD Provinsi dan DPRD sebanyak 621.299 lembar surat suara sesuai DPT dan tambahan 2 persen surat suara Cadangan serta 1000 Surat suara PSU.

× How can I help you?