https://limadetik.com/

Disdik Pastikan Blangko Ijazah SD/SMP Sudah ada dan Terdistribusi, Tinggal Proses di Sekolah

Penulis: MadasEditor: Wahyu
  • Bagikan
Disdik Pastikan, Blangko Ijazah SD/SMP Sudah ada dan Terdistribusi, Tinggal Proses di Sekolah
FOTO: Ilustrasi blangko ijazah

SAMPANG, Limadetik.com – Siswa-siswi lulusan Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Tahun Ajaran 2020/2021 di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, sudah bisa bernafas lega.

Pasalnya, Blangko Ijazah sebagai bukti surat tanda tamat belajar sudah ada dan terdistribusi kepada masing-masing lembaga sekolah baik SD maupun SMP beberapa hari yang lalu.

https://limadetik.com/

Dijelaskan oleh Plt. Kepala Disdik Sampang Drs. H. Nor Alam MSi, kepada Limadetik.com via telepon seluler miliknya bahwa blangko ijazah sudah ada, pihak sekolah bisa langsung mengambil blangko ijazah tersebut.

“Sebagian sudah menerima, cuma ada sebagian juga lembaga sekolah yang belum mengambil blangko ijazah tersebut. Baik yang SD maupun SMP” jelasnya pada Selasa (31/8/2021).

Sedangkan untuk proses sidik jari dan sebagainya, menurutnya, hal itu menjadi tugas lembaga sekolah masing-masing. Mulai dari proses pengisian dan pengecekan data siswa, penempelan foto, sidik jari, tanda tangan, hingga proses scan.

“Setelah semua proses selesai di tingkat sekolah, baru bisa diserahkan ke siswa atau orang tua peserta didik. jadi prosesnya di lembaga masing-masing untuk mengisi, pihak Disdik hanya menyediakan blangkonya saja. Kepala sekolah tinggal ambil saja ke Disdik sampang, lalu diproses” ujarnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SDN Rongtengah 2 Sampang Paidja menuturkan, blangko ijazah tersebut sudah diambil seminggu yang lalu dari Disdik sampang. Tapi perlu beberapa koreksi terkait data siswa.

“Kalau blangko ijazah sudah datang, proses penulisan sudah, tinggal tanda tangan siswa dan sidik jari yang bersangkutan. Lalu kita scan dan hasil scannya kita serahkan ke Disdik Sampang. Sekarang ini sudah ada 5 orang siswa yang sudah proses tanda tangan. Insya allah dalam minggu ini siswa bisa mengambil Ijazah ke sekolah” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sampang Teguh Suparyanto, blangko ijazah sudah diambilnya sekira seminggu yang lalu, dan sekarang sudah masuk pada proses penulisan dan pengisian data siswa dan sudah mencapai 90%.

“Kita cek satu persatu data tersebut. Harus bisa dipastikan, antara ijazah SD dan Akte Kelahiran harus sama dengan yang ditulis di blanko ijazah SMP. Saya sendiri yang melakukan pengecekan itu” ucapnya.

Ketika sudah fix, lanjut Teguh, dilanjutkan pemasangan foto siswa dan ditanda-tanganinya. Setelah di foto copy dan di scan, baru diserahkan kepada siswa.

Ada perbedaan dalam hal dokumentasi ijazah pada tahun ini, baik untuk siswa, sekolah dan Disdik. menurutnya, Ijazah yang asli dan foto copy diberikan kepada siswa, pihak sekolah dan Disdik sama-sama menyimpan data scan dan foto copy ijazah tersebut ke google drive.

“Kita dari pihak sekolah sangat berhati-hati dalam hal ini karena berkaitan dengan dokumen siswa. Terkadang terjadi, dokumen yang diberikan siswa kepada kami itu berbeda, antara ijasah SD dengan akte kelahiran itu gak sama. Dan ini, butuh proses klarifikasi. Semisal, ada nma riski dengan rezky. Berkaitan dengan itu, kita perlu hadirkan orang tua siswa guna memadu padankan data tersebut” jelasnya.

Akibat sikap kehati-hatian tersebut, terkadang menimbulkan keterlambatan.

“Insya allah, dalam minggu ini ijazah bisa di ambil oleh siswa ke sekolah. Doakan saja cepat kelar. Gak usah khawatir, pasti selesai kok” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan