https://limadetik.com/

DPRKP Optimis Sumber Payung Segera Beroperasi

  • Bagikan
IMG 20200220 184653
M. Zis Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Sampang

SAMPANG, Limadetik.com — Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Sampang, berjanji melakukan optimalisasi pipa transmisi sumber Payung di Desa Ketapang Timur, Kecamatan Ketapang tahun 2020. Pasalnya sejak tahun 2019 lalu DPRKP sudah mengembangkan pembangunan pipa transmisi agar sumber payung segera berfungsi bisa dimanfaatkan warga.

Berdasarkan hasil uji dan kajian, potensi Sumber Payung dan debit airnya cukup besar yakni 162 liter per detik, tetapi pembangunan dan penanaman pipa besar di Kecamatan Karang Penang, Kecamatan Robatal dan Ketapang melalui APBN sejak 2014 lalu dengan anggaran ratusan miliyar rupiah belum bisa dimanfaatkan potensi air tersebut pada masyarakat.

https://limadetik.com/

Menurut M. Zis Kepala DPRKP Kabupaten Sampang, belum difungsikan sumber payung di Ketapang, hal ini berkaitan dengan sinergisitas kewenangan PDAM Sampang untuk melakukan tugasnya mendistribusi air pada rumah-rumah warga dengan membuat pipa sambungan rumah (SR).

Tugas kami di DPRKP tegas M.Zis hanya membangun pipa transmisi bahkan tahun 2020 ini kami menganggarkan Rp.1.1 miliar untuk pipa tersebut, dan ditambah program optimalisasi dari Provinsi Jawa Timur dengan anggaran kurang lebih Rp. 5 miliar, Kamis (20/2/20).

“Memang ada beberapa kendala yang menghambat optimalisasi pendistribusian air pada rumah warga, karena ada kerusakan sambungan pipa besar di Kecamatan Karang Penang, namun kerusakan tersebut akan segara ditindaklanjuti, dan kami yakin tahun 2020 ini. Air sumber Payung sudah mulai didistribusinya ke rumah warga” jelasnya.

Ia mengatakan, jika pipa transmisinya sudah dibangun dan tekanan aliran air sudah maksimal, pengelolaan diserahkan dan dilimpahkan ke perusahaan daerah air minum (PDAM). Sudah hampir lima tahun pipa transmisi yang dibangun menuju Karang Penang tak berfungsi, bahkan cakupan sebaran air tersebut rencananya juga akan diperluas hingga Kecamatan Robatal dan Banyuates.

“Mulai tahun ini pipa transmisi di Kecamatan Robatal dan Karang Penang difungsikan, dan airnya sudah mengalir deras, kalau dimungkinkan hingga Banyuates, maka kami juga lakukan,” tambahnya. (Nor/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan