Dua Gudang Tembakau di Sumenep Mulai Lakukan Pembelian

Tembakau saat dirajang.

SUMENEP, limadetik.com – Pada musim panen tembakau tahun ini, sedikitnya dua pabrikan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mulai melakukan pembelian tembakau rajangan.

Kabid Perkebunan, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumenep, Abdul Hamid, pada Jumat (24/8/2018) mengatakan, dua pabrikan itu, yakni PT Gudang Garam di Guluk-guluk dan Gudang Garam di Patean.

“Gudang di Guluk-guluk mulai buka pembelian tembakau pada tanggal 13 Agustus dan gudang di Patean mulai tanggal 15 Agustus,” terangnya.

Pihaknya berupaya agar semua tembakau petani di Sumenep tahun ini bisa terserap secara maksimal sehingga petani tidak merugi.

“Kami tetap berkomunikasi dengan pihak pabrikan agar semua tembakau petani bisa terserap dengan maksimal dan harganya tidak terlalu rendah,” harapnya.

Pada tahun ini, target ploting areal tanam tembakau di Bumi Sumekar ini seluas 21.893 hektar. Namun, tidak semua lahan tergarap lantaran banyak petani yang tidak menanam tembakau.

Berdasarkan informasi yang dihimpun limadetik.com, harga tembakau rajangan tahun ini berkisar antara Rp 35 ribu per kilogram hingga Rp 55 ribu per kilogram. (hoki/yd)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here