https://limadetik.com/

ESA Unisma Sukses Gelar Kegiatan National English Festival di Tengah Pandemi

  • Bagikan
IMG 20201129 205307 e1606658043404

MALANG, LimaDetik.Com – English Student Association (ESA) Universitas Islam Malang (Unisma) telah menyelenggarakan kegiatan Nasional English Festival (NEF) 2020. Kegiatan tersebut di awali dengan pendaftaran gelombang pertama pada 7 Oktober 2020 sampai 16 Oktober 2020, dan gelombang ke dua pada 20 Oktober 2020 sampai 12 November 2020.

Peserta yang telah mendaftar sebanyak 517 peserta dari jenjang SMP dan SMA. Tema yang diangkat dalam event ini adalah “Exploring Potential, creativity, and courage in the midst of pandemic”. Lomba ini dilaksanakan secara online karena pandemi covid-19.

https://limadetik.com/

Pelaksanaan English Olympiad dilaksanakan pada tanggal 20 November 2020. Pelaksanaan dilaksanakan dengan 2 sesi. Sesi penyisihan dan sesi final. Sesi penyisihan sendiri dilaksanakan dalam 2 sesi, sesi pertama untuk sekolah menengah pertama, dan sesi kedua dilaksanakan untuk sekolah menengah atas. Sejauh pelaksanaan lomba English Olympiad berjalan dengan lancar. Panitia pun telah menyediakan alternatif lain bagi peserta yang terbatas penggunaan media.

Lomba yang ke-2 yaitu Story Telling yang dilaksanakan pada tanggal 23 November 2020. Teknik pelaksanaan lomba ini yakni dengan cara menguggah video melalui instagram oleh setiap peserta lomba dengan syarat vidio merupakan vidio asli tanpa ada editing, dan hanya boleh menggunakan perlengkapan penunjang saja. Lomba yang terakhir yakni Speech.

Pelaksanaan lomba ini dilaksanakan pada tanggal 24 November 2020. Teknik pelaksanaan lomba speech sama dengan lomba Story Telling. Peserta hanya diperbolehkan mengupload vidio mereka pada jam yang telah ditentukan.

Jamaludin ketua pelaksana NEF 2020 sangat mengapresiasi para perjuangan panitia dalam menyelenggarakan acara terbesar ESA UNISMA. “Tanpa perjuangan dan dukungan panitia acara ini tidak dapat berjalan dengan baik. Saya juga sangat mengapresiasi semangat para peserta dalam mengikuti pomba yang diadakan kami. Walaupun secara virtual mereka masih mau berkreasi dan berpartisipasi dalam acara ini” ungkap ketua pelaksana, Minggu (29/11/2020).

Presiden ESA, Hosnor Rofiq menuturkan bahwa National English Festival adalah acara terbesar tahunan yang diselenggarakan oleh ESA Unisma.

“Di tengah pandemi seperti sekarang ini merupakan tantangan yang luar biasa bagi kami, karena kami harus mengadakan NEF ini secara virtual untuk yang pertama kali, dan harus mempunyai konsepan-konsepan baru. Selain harus mempunyai konsepan baru, kami juga terkendala oleh jarak di mana pengurus ESA UNISMA masih ada di rumah masing-masing karena masih dalam kondisi pandemi,” terang Presiden of ESA periode 2019-2020 tersebut.

“Saya sebagai ketua umum sangat mengapresiasi atas keberanian teman-teman pengurus karena di situasi yang serba menyulitkan ini teman-teman masih mempunyai sinergi untuk melaksanakan kegiatan terbesar ini dengan segala resiko dan tantangan. Tapi Alhamdulillah acaranya sesuai dengan yang kita harapkan dan berjalan dengan lancar dari opening sampai closing,” imbuh Rofiq sapaan akrabnya.

Setelah melewati proses penjurian, peserta akan mendapatkan hasil pengumuman. Untuk pengumuman pemenang akan dilaksanakan bersamaan dengan penutupan lomba secara online melalui zoom dan live melalui youtube channel ESA Unisma penutupan akan dilaksaanakan pada tanggal 29 November 2020.

Adapun pemenang dari NEF 2020 sebagai berikut:

Kategori lomba Olympiad untuk siswa-siswi SMP Sederajat.
Juara 1 ananda Aurora Rahma Dieny dari MTSN 1 Kota Malang.
Juara 2 ananda Firdhea Rahma Cahyani dari SMP Progresif Bumi Shalawat.
Juara 3 ananda Hillary Tannara Suryasamudra dari SMPK Maria Fatima jember.

Harapan 1 ananda Taruna Bima Sakti dari SMPN 1 Singosari Malang.
Harapan 2 ananda Alvero Fathir Rahman dari SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan.

Kategori lomba Olympiad untuk siswa-siswi SMA Sederajat.

Juara 1 ananda Rafida Hanun Khairunnisa Wiyono dari SMA Tazkia IIBS Malang.
Juara 2 ananda Gwenda Tannia Suryasamudra dari SMAK Santo Paulus Jember.
Juara 3 ananda Azka Fariz Fadhilah dari MAN 2 kota Malang.

Harapan 1 ananda Ara Nadia Tsabitah dari SMAIT Al- Ittihad pekanbaru.
Harapan 2 ananda Nicholas Ananta pakpahan dari SMAN 1 Lawang.

Kategori lomba speech untuk siswa siswi SMP Sederajat:

Juara 1 ananda Aline Anismara dari MTSN 1 Kota Malang.
Juara 2 ananda Salwa Dilara Nandra Husada dari MTSN 1 kota Malang.
Juara 3 ananda Saskia Tara Nandhirah dari SMP Progresif Bumi Shalawat.

Kategori lomba speech untuk siswa-siswi SMA Sederajat:

Juara 1 ananda Andina Fitriyah salsabila dari MAN 2 Gresik
Juara 2 ananda Nabila Azzahra dari SMA Islam Sabillillah Malang.
Juara 3 ananda Kamilah Resti Agustin dari MA Hasan Jufri Bawean.

Kategori lomba Storry Telling untuk SMP sederajar:

Juara 1 ananda RR Kamiila Rarasati Wahab dari SMP Al-Maahira IIBS Malang.
Juara 2 ananda Belicia Andreta Nauli Tampubolon dari SMPK Cor Jesu Malang.
Juara 3 ananda Farah Khairani Mubarok dari MTSN 1 Kebumen.
Harapan 1 ananda Danendra Amiruddin dari SMP Nurul Jadid.
Harapan 2 ananda Diya Sasmita Ramadhani dari SMP Nurul Jadid.
Kategori lomba Story Telling oleh siswa SMA Sederajat.
Juara 1 ananda Hasya Jihan Fadiyah dari Syiarseven Course Situbondo.
Juara 2 ananda Rani Dwi Sherlinafiatul dari SMA Nuris Jember.
Juara 3 ananda Adelia Anindita Sumantri dari Syiarseven Course Situbondo.

Harapan 1 ananda Jingga Angelia Richitya Vinicya dari Syiarseven Course Situbondo.
Harapan 2 ananda Achmad Firdaus Perdana dari LPBA Nurul Jadid.

Dari terselenggaranya NEF 2020 yang dilaksanakan oleh ESA Unisma atau HMJ Pendidikan Bahasa Inggris Unisma mengajarkan bahwa berkarya tidak dibatasi oleh ruang, waktu, dan keadaan.

Dalam kondisi apapun jika ada niatan untuk melaksanakan suatu kegiatan produktif maka akan menimbulkan hal baik dikemudian hari.

(rofiq/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan