https://limadetik.com/

Gandeng Siswa SMK Al-Itqan, Mahasiswa Instika Gelar Diklat Penulisan Makalah

Penulis: NofalEditor: Wahyu
  • Bagikan
Gandeng Siswa SMK Al-Itqan, Mahasiswa Instika Gelar Diklat Penulisan Makalah
FOTO: Kegiatan pelatihan mahasiswa bersama Siswa SMK Al-Itqa

SUMENEP, Limadetik.com – Gandeng Siswa SMK Al-Itqan, Ganding, Sumenep, Madura mahasiswa KKN Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika), Posko 12 menggelar Diklat Penulisan Makalah dengan tema: “Cerdas Bermakalah Sebelum Masuk Perguruan Tinggi”.

Diklat ini termotivasi oleh minimnya pengetahuan siswa akan metode dan praktik menulis karya ilmiah, seperti makalah dan skripsi. Sebelum menjadi mahasiswa, menurut Gusairi, Ketua Posko menjadi penting kiranya membekali mereka dengan keterampilan menulis makalah.

https://limadetik.com/

“Sasaran kegiatan pendidikan dan pelatihan penulisan makalah ini adalah siswa SMK Al-Itqan. Sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, perlu kiranya mereka diberikan pelatihan penulisan makalah sejak dini,” ujar Gusairi.

Dalam sambutannya, Gusairi menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini merupakan bentuk kepeduliannya kepada siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Itqan sebelum memasuki dunia perkuliahan.

“Tidak menutup kemungkinan siswa-siswi tersebut akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tingg, maka amat penting mereka dibekali keahlian menulis makalah,” lanjutnya.

Kegiatan yang berlangsung Minggu (19/8/2021) ini mendatangkan Abdul Warist sebagai pemateri. Dengan modal pengalamannya di dunia jurnalistik dan literasi, ia mamaparkan materi kepenulisan dengan detail dan rinci.

“Menulis karya ilmiah adalah kebiasaan yang diwajibkan kepada mahasiswa. Maka, menulis makalah ini perlu dilatih dan terus diasah sebagai persiapan menghadapi tugas akhir nanti,” tukas Abdul Warist.

Sedangkan Muh. Aris Affani, anggota KKN Instika posko 12 menyampaikan bahwa adanya kegiatan pelatihan penulisan makalah ini menjadi bekal siswa sebelum masuk ke bangku perkuliahan.dan Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengasah kemampuan siswa SMK Al-Itqan dalam dunia kepenulisan yang akan ditempuh kelak.

Kegiatan ini diapresiasi oleh seluruh jajaran akademika SMK Al-Itqan. Dan mereka berharap agar mahasiswa KKN dapat melaksanakan kegiatan semacam ini secara kontinyu ke depan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan