SUMENEP, limadetik.com — Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar Grand Launching Visit Sumenep 2019, Minggu (10/3/2019). Acara itu ditempatkan di wisata Pantai Slopeng.

Dalam acara yang dimeriahkan band Jikustik, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengatakan dalam sambutannya, bahwa pada tahun ini ada 40 event wisata. Empat diantaranya berskala internasional.

“Semoga, visit Sumenep 2019 ini akan lebih baik. Baik dari sisi pelaksanaan, kunjungan wisatawan, inovasi event maupun pendukung lainnya, jika dibandingkan visit sumenep 2018,” katanya.

Menurutnya, saat ini sektor pariwisata menjadi sektor primadona, baik di tingkat nasional maupun daerah. hal ini tidak lain karena prospek sektor pariwisata yang terus meningkat setiap tahun.

“Berdasarkan data di Kementrian Pariwisata, kontribusi sektor pariwisata terhadap PDRB nasional di tahun 2017 mencapai 5 persen atau dibawah sektor migas, dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 12 juta orang,” terangnya.

Apalagi, Sumenep memiliki potensi sumber daya alam, tradisi, sejarah, dan budaya yang begitu luar biasa. Hal itu harus juga dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui program visit Sumenep 2019.

Program visit Sumenep yang telah diawali tahun 2018, adalah ikhtiar membangun dan mengembangkan potensi wisata agar bisa memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat.

“Nilai investasi di Sumenep tahun 2018 mencapai Rp 2,6 triliun atau meningkat 48 persen dibandingkan tahun 2017 yang hanya Rp.1,7 triliun. selain itu, kunjungan wisata di tahun 2018 meningkat dari 1. 047. 109 wisatawan menjadi 1.285.325 wisatawan. hal ini menjadi bukti bahwa visit Sumenep 2018 juga berkontribusi terhadap perekonomian daerah,” katanya.

Maka dari itu, pihaknya berharap dukungan semua pihak dalam mensukseskan visit Sumenep 2019. Kekurangan di tahun lalu, jadikan pelajaran untuk lebih baik di tahun ini.

“Visit Sumenep ini adalah tanggung jawab bersama, sehingga harus dikelola bersama-sama untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Sumenep,” imbuhnya. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here